6 Tips Berlibur ke Gunung Bromo

Posted on

Persiapan Wisata ke Gunung Bromo

PecintaAlam.net – Bromo, begitu sering gunung ini disebut dalam destinasi setiap orang yang suka berwisata alam. Walaupun hanya memiliki ketinggian 2.392 mdpl namun ketenaran namanya cukup banyak menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi dan mengagumi keindahannya.

Baca: 10 Cara Memaksimalkan Smartphonemu Untuk Traveling

Objek wisata Gunung Bromo terletak di 4 kabupaten yaitu, kab.pasuruan, kab.malang, kab.probolinggo dan kab.lumajang provinsi Jawa Timur dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Oleh karena itu, Gunung yang terkenal akan keindahan Sunrise dan Kalderanya mudah sekali diakses dari beberapa rute. Antara lain:

  • Rute ke Bromo dari Kab. Pasuruan: Wonorejo – Warungdowo –Tosari – Wonokitri – Pananjakan – Gunung Bromo
  • Rute ke Bromo dari Kab Probolinggo: Tongas – Lumbang – Sukapura – Ngadisari – Cemoro Lawang – Gunung Bromo atau Ketapang – Patalan – Sukapura – Ngadisari – Cemoro Lawang – Gunung Bromo
  • Rute ke Bromo dari Kab. Malang: Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang – Penanjakan – Gunung Bromo
  • Rute ke Bromo dari Kab.Lumajang: Senduro – Bumo – Ranu Pane – Gunung Bromo

Kamu dapat memilih jalur mana yang kamu sukai. Namun jika kamu berasal dari kota diluar Jawa Timur, kamu dapat transit dahulu ke Surabaya atau Malang, karena transportasi akan lebih mudah.

Persiapan Menjelajah Gunung Bromo.

Sebelum berangkat kamu harus membuat perencanaan dan persiapan yang matang, agar wisata petualanganmu berkesan dan mengasyikkan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum ke Bromo:

  1. Persiapan Perlengkapan.

Gunung Bromo terkenal dengan udaranya yang sangat dingin, suhu di malam hari dapat berkisar antara 2-10 derajat celcius. Untuk itu perlengkapan yang wajib kamu masukkan ke ranselmu adalah: Jaket yang memadai (bukan yang untuk naik motor), pakaian hangat, syal, kaos kaki, sarung tangan, kupluk (balaclava), sepatu. Jangan sampai kamu meninggalkan salah satu dari perlengkapan itu karena jika kamu kedinginan sepanjang malam, akan bikin wisatamu jadi tidak maksimal.

Bawalah pula masker dan kacamata, karena Bromo berdebu dan berpasir. Kamu pasti juga tidak akan meninggalkan kameramu, selain untuk narsis, tentu kamu juga butuh mendokumentasikan perjalananmu.

  1. Pilih waktu yang tepat.

Memilih saat musim kemarau antara mei-oktober dapat menjadi pertimbangan yang baik, karena kamu akan dapat mengekplorasi beberapa spot wisata yang ada di bromo dengan lebih leluasa. Spot itu antara lain: Kawah Bromo, Pasir Berbisik ( Lautan Pasir Bromo), Bukit teletubies, Gunung Penanjakan dll. Selain itu jika kamu berburu Sunrise maka itu adalah waktu yang cocok.

Jika ingin ikut menyaksikan event upacara Kasada Bromo, festival ini selalu digelar setiap tahunnya pada penanggalan Jawa yaitu pada tanggal 14-15 syawal

  1. Persiapan fisik.

Walaupun Gunung Bromo bukan merupakan spot wisata yang ekstrim, namun alangkah baiknya persiapkan fisikmu dengan sebaiknya. Jangan sampai karena tidak fit akhirnya kamu sakit gara-gara kelelahan ataupun kedinginan karena cuaca yang kurang bersahabat. Untuk menaiki kawah bromo, kamu harus mendaki sekitar 250 anak tangga.

  1. Persiapan akomodasi.

Ada baiknya kamu melakukan pemesanan penginapan terutama jika ingin mengikuti even Kasada Bromo, karena biasanya penginapan akan penuh. Kamu dapat memesannya via online atau lewat agen perjalananmu. Namun saat low season ( bukan musim liburan) kamu dapat langsung mendatangi hotel/homestay/penginapan langgananmu. Untuk wisata menggunakan kuda ataupun jasa Jeep offroad untuk keliling Bromo, kamu dapat lakukan negosiasi di lokasi atau bertanya pada pihak penginapanmu.

Simak: Keindahan Pantai Tanjung Papuma

Yang perlu diperhatikan adalah bawalah uang tunai yang cukup karena di lokasi wisata bromo tidak tersedia ATM.

  1. Persiapan obat pribadi.

Obat pribadi jangan sampai dilupakan, terutama kamu yang telah memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik. Karena di bromo tidak terdapat apotik yang menjual obat lengkap seperti di kota.

  1. Persiapan kendaraan.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi baik berupa sepeda motor ataupun mobil, lakukan cek dan perawatan berkala. Karena untuk menuju ke Bromo dibutuhkan kendaraan yang  fit pula. Jika kendaraanmu memang tidak terlalu prima lebih baik jangan memaksakan diri untuk membawanya, sebab kemungkinan malah akan menjadi masalah diperjalanan.

Itu adalah beberapa tips berlibur ke Bromo. Untuk kamu para pemula, tetaplah waspada dan hati-hati selama berpetualang, karena Bromo adalah tujuan wisata yang paling terkenal sehingga banyak orang yang memanfaatkannya. Nikmatilah liburanmu………….

Incoming search terms:

One thought on “6 Tips Berlibur ke Gunung Bromo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *