Select Page

Wisata Kawah Putih

Kawah-Putih-CiwideyKawah putih adalah spot wisata di Bandung yang terletak di kawasan Ciwidey. Obyek wisata yang terletak di Selatan Bandung ini mudah dicapai dengan kendaraan umum.  Kawah Putih di daerah Ciwidey merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.

Letusan hebat oleh Gunung Patuha pada abad ke 10 membuat banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Karena kepercayaan tersebut, tidak ada orang yang berani mendekati kawasan ini sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha demi ilmu pengetahuan.

Baca : Wisata Puncak B29 Arjosari Lumajang

Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak Gunung Patuha dan dari sana ia melihat ada sebuah danau berwarna putih dengan bau belerang yang menyegat. Sejak itu, keberadaan Kawah Putih menjadi terkenal dan pada tahun 1987 pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat wisata.

Persiapan ke kawasan Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey

wisata kawah putihJika anda hendak berlibur ke tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey Bandung alangkah baiknya mempersiapkan segala keperluan yang ada kaitannya dengan liburan tersebut, diantaranya jika akan menginap maka harus mengetahui dimana lokasi hotel atau villa tempat untuk bermalam, apabila menggunakan kendaraan umum haruslah mengetahui kendaraan apa yang akan dinaiki sampai lokasi dan yang tidak kalah penting ialah mengetahui harga tiket masuk ke lokasi Kawah Putih. Dengan demikian anda akan mengetahui berapa biaya yang harus disiapkan untuk berwisata ke kawasan tersebut.

Akses Menuju Obyek Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Untuk sampai di kawah putih pengunjung bisa menggunakan jalur perjalanan sebagai berikut: Pengunjung dari luar Bandung yang menggunakan kendaraan roda empat dapat melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo, melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari soreang dilanjukan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi kawah putih. Jalur alternative lokasi kawah putih dapat menggunakan jalur tol Buah Batu.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, akses ke lokasi kawah putih ditempuh dengan menggunakan jalur terminal Leuwi Panjang – dilanjutkan ke terminal Ciwidey – menuju lokasi Kawah Putih

Jadwal Kunjungan Kawah Putih Ciwidey

Jadwal jam buka Wisata Kawah Putih adalah dimulai dari pukul 07:00 WIB pagi hari, dan ditutp pada pukul 17:00 WIB atau pada jam 5 sore hari.

Tarif atau harga tiket masuk kawah Putih Bandung

Harga atau tarif terbaru tiket masuk obyek wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung adalah Rp. 18.000,- per orang. Harga tiket ini berlaku untuk semua wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara / Turis Asing (WNA) tarifnya adalah Rp 50.000,- / orang.

Tarif / Biaya Parkir Kendaraan (Jasa Lingkungan) – Ada dua tempat parkir yang disediakan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, yaitu tempat parkir bawah yang berada di dekat gerbang masuk dan tempat parkir atas dekat lokasi kawah.

Tarif Parkir Bawah :

  • Tarif Parkir motor atau roda 2 adalah Rp 3.000,-
  • Kendaraan mobil roda empat tarifnya sebesar Rp 6.000,-
  • Kendaraan roda enam / bus tarifnya sebesar Rp 25.000,-

Tarif Parkir Atas : Kendaraan Roda empat / mobil adalah Rp. 150.000,-

Untuk parkir di atas akan dikenakan biaya yang cukup mahal, namun tentunya tidak perlu biaya lagi untuk Tarif Angkutan Wisata (Onang Anting) karena sudah berada di pinggir kawah. Untuk jasa angkutan ontang-anting Rp.15.000,-/pp

Simak juga : Eksotisme Wisata Flores

Analoginya adalah jika mobil travel yang anda naiki berjumlah 10 orang maka tarifnya Rp 150.000 dibagi 10 orang sama dengan 15.000, ini sama dengan biaya yang dikeluarkan untuk jasa ongkos ontang-anting.

Bagi anda yang menggunakan roda motor maka wajib memarkir kendaraannya di tempat parkir bawah. Dari Parkir bawah dekat pintu gerbang ke lokasi pinggir kawah (dekat parkir atas) jaraknya masih cukup jauh sekitar 5 Km, dengan medan yang menanjak tentu tidak mungkin untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Kecuali bagi anda yang suka berpetualang dengan berjalan kaki.

Pemandangan Wisata Kawah Putih Ciwidey

kawah putih bandungSampai pintu gerbang Kawah Putih, disuguhi pemandangan pohon-pohon tinggi menjulang yang terasa sejuk.  Sesampainya di area Kawah Putih terdapat bangunan semacam terminal dengan desain yang menarik. Toilet juga banyak tersedia untuk pengunjung. Sampai di areal Kawah tersaji pemandangan bentangan daratan yang dipenuhi air belerang berwarna biru muda hingga hijau. Pohon-pohon yang mengelilinginya. Serta dinding gunung yang terlihat kokoh dari kejauhan.

Baca: Wisata Menyelam di Wakatobi

Meskipun cahaya matahari sangat melimpah di Kawah Putih, hawa dingin masih saja terasa menyelimuti tubuh . Sebaiknya gunakan Sunblock dan pakai jaket, agar terlindung. Jangan lupa juga untuk memakai masker karena bau belerang masih kuat menyengat. Puaskan berfoto-foto di areal kawah, setelah itu Anda bisa segera turun dari area kawah dan menuju outdoor area yang berada tepat di seberang areal kawah putih.

Di areal itu Anda dapat mencoba naik kuda hanya dengan membayar Rp 15.000 ribu saja untuk sekali putaran. Selain berkuda, ada juga permainan flying fox dengan tarif Rp 10.000 ribu saja. Setelah itu Anda  juga dapat berendam di kolam air panas dari mata air alami.

Kawah putih bandung juga sering digunakan untuk Pre-wedding bagi pasangan akan menikah, pesona kawah putih ciwidey  sangat cocok untuk pemotretan dengan nuansa alam yang membuat kesan tersendiri bagi calon mempelai.

Read previous post:
Si Sherpa – Tenzing Norgay

Hikmah dari Seorang Sherpa Handal yaitu Tenzing Norgay Setelah Sir Edmund Hillary bersama Tenzing Norgay (pemandu/ sherpa) kembali dari puncak Mount...

Close