Estimasi Waktu dan Biaya Pendakian Raung via Sumber Wringin
Estimasi Waktu dan Biaya Pendakian Raung via Sumber Wringin

Estimasi Waktu dan Biaya Pendakian Raung via Sumber Wringin 3.332 mdpl

Posted on

Mendaki Gunung Raung,  tentu dalam benak pertama kali yang akan terpikir adalah jalur puncak sejatinya yang menantang. Raung adalah salah satu gunung dengan tingkat kesulitan yang tidak disarankan untuk pemula. Namun, pernahkan kamu melakukan Pendakian Raung via Sumber Wringin?

Percayalah .. Kamu mesti mencoba jalur yang satu ini.

Gunung raung memang memiliki beberapa jalur untuk mendaki puncaknya. Nah, jalur Sumber Wringin juga salah satu jalur klasik yang dahulu sering digunakan. Puncaknya yang memiliki ketinggian 3.332 mdpl memiliki tantangan tersendiri dibanding puncak sejatinya yang lebih masyur.

Estimasi Biaya Pendakian Raung via Sumber Wringin

Dari base camp menuju ke Pos 1 (pondok Motor) karena letaknya yang cukup jauh, sebaiknya menggunakan jasa angkutan (*harga 2019)

  • Jasa ojek PP : Rp 100.000,-/orang
  • Jasa pickup PP : Rp 400.000,-
  • Jasa truk PP : Rp 600.000,-/10 orang (lebih dari 12 keatas Rp 60.000/orang).

Anda bisa menghubungi (Erwin) 0822 3363 0566

Estimasi Waktu Pendakian Raung via Sumber Wringin

Untuk menghubungi basecamp Sumber Wringin Anda bisa dibantu (Okta) 0852 3644 5000

Basecamp – Pos 1 Pondok Motor (40 menit menggunakan truck).

Jalan menuju pondok motor cukup rumit karena terletak di antara perkebunan dan hutan yang cukup lebat. Untuk menuju ke Pos ini sangat disarankan menggunakan jasa truck/pickup/ojek untuk menghemat waktu. Karena dari basecamp ke pondok motor, jika berjalan kaki kita membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Pos 1 – Pos 2 Pondok Sumur (4 jam 25 menit).

Pendaki akan melewati ladang penduduk yang berupa tanaman labu. Di sini jalur cukup membingungkan karena banyak percabangan jalur. Ikuti saja arah panah sebagai penanda ( walaupun terkadang letaknya samar dan agak kurang terlihat).

Sekitar 1 jam pendakian pendaki harus ekstra waspada karena akan menjumpai pertigaan yang sangat mengecoh. Jangan ambil arah kiri dan menanjak karena itu adalah jalur menuju gunung suket. Ikuti tanda dan ke arah kanan agak  menurun,itu jalur yang benar ke arah puncak gunung raung.

Pos 2 – Pos 3 Pondok Tonyok (2 jam 15 menit).

Nikmati saja jalur mulai sedikit menanjak dan masih tetap berada di kawasan hutan tropis. Jalur menuju Pondok Tonyok menanjak 45 derajat. Jalur ini lumayan menguras stamina, apalagi jika kondisi hujan, sangat licin.

Membawa tracking pole dan menggunakan sepatu mendaki yang solnya bagus, sangat dianjurkan untuk kenyamanan dan keselamatan selama mendaki.

Pos 3 – Pos 4 Pondok Demit (50 menit).

Ciri tempat ini adalah pohon kembar berdekatan, yang di bawahnya kita bisa mendirikan tenda, disini kamu bisa beristirahat sejenak.  Anjuran dari kami, bangunlah camp site di Pondok Mayit agar lebih dekat jika ingin summit attack.

Baca juga: Puncak B29 Argosari Lumajang

Pos 4 – Pos 5 Pondok Mayit (1 jam).

Tempat favorit untuk mendirikan tenda dan bermalam, disini lebih terlindung dari angin dan cocok untuk bermalam. Buatlah makanan yang dapat merecovery tubuh, karena kehilangan kalori selama perjalanan.

Minum cukup air dan perbaiki nutrisi, agar kondisi tubuh kembali fit saat jalan ke puncak Raung.

Pos 5 – Pos 6 Pondok Angin (40 menit).

Jika Anda sudah cukup istirahat, track disini awalnya tertutup rerimbunan semak. Jika Anda berjalan sangat pagi untuk mengejar sunrise, sangat disarankan membawa headlamp atau senter yang cukup terang.

Raung Jalur Sumber Ringin
Menuju Puncak Raung

Pos 6 – Puncak Bayangan Gunung Raung (1 jam 30 menit).

Dari pos ini vegetasi mulai terbuka, dengan track terjal dan berbatu cadas, jadi para pendaki harus ekstra hati-hati sepanjang jalur ini. Jalan satu persatu, jangan bercanda, karena kamu akan berjalan dipunggungan dengan kondisi bebatuan yang keras dan terkadang licin.

Sesampainya di puncak, kamu akan melihat triangulasi berupa bendera merah putih. Tidak jauh dari situ, kemegahan kawah Gunung Raung akan jadi bonus yang sangat indah untuk dinikmati.

Raung via Sumber Wringin 3.332 mdpl
Puncak Raung via Sumber Wringin 3.332 mdpl

Jika ingin berfoto di pinggir kawah, sangat dianjurkan untuk berhati-hati. Bebatuan mudah rontok dan tebingnya sangat curam. Kecerobohan kecil dapat berakibat fatal. Perlu kewaspadaan maksimal.

Ingat: puncak hanyah bonus semata.. namun kembali dengan SELAMAT adalah esensi utama dalam mendaki gunung!

Melewati jalur Wringin, kamu tidak bisa sampai di Puncak Sejati Raung 3.344mdpl namun masih bisa sampai di Puncak Bayangan 3.332mdpl.

Selamat Mendaki ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *