Select Page

Tempat Wisata Alam Kediri

PecintaAlam.net – Kediri, kota ini cukup terkenal di Jawa timur karena di kota itu bercokol salah satu pabrik rokok terbesar di Indonesia. Dahulu kota ini juga dikenal sebagai pusat dari salah satu kerajaan besar yang ada di Indonesia. Kini setelah makin modern, kota Kediri mulai mengembangkan berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata. (baca juga: Tempat Wisata Belitung – Negri Laskar Pelangi)

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Kediri yang harus anda kunjungi:

Gua Selomangleng Kediri

Objek wisata yang terletak disebelah utara kota Kediri. Goa ini terbentuk dari batuan andesit berwarna hitam. Dinamakan Selomangleng karena berasal dari kata Selo yang berarti batu dan mangleng yang artinya miring. Goa ini memang berada di lereng bukit.

Dalam goa ini tidak memiliki stalagtit dan stalagmite seperti goa pada umumnya. Goa ini memiliki tiga ruang utama. Gua ini memiliki bentuk yang unik yang terlihat dari pintu masuknya. Saat kamu masuk, kamu akan menemukan berbagai macam bongkahan batu yang dapat ditemui di mulut gua yang diantaranya terdapat pahatan yang menandakan bahwa gua ini pernah dihuni oleh manusia serta berbagai corak relief yang menghiasi dinding luarnya. Uniknya, beberapa corak relief tersebut berbentuk manusia. Salah satu relief yang paling menonjol adalah penampakan seorang perempuan cantik yang sedang bertapa. Perempuan itu digambarkan tengah bersila tepat di antara dua ruangan yang berada di kanan-kirinya.

Menurut mitos Goa Selomangleng dipercaya menjadi tempat pertapaan Dewi Kilisuci, seorang putri mahkota Raja Airlangga yang menolak menerima tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya, dan lebih memilih menjauhkan diri dari kehidupan dunia dengan cara melakukan tapabrata di Gua Selomangleng.

Untuk menuju ke Gua Selomangleng Kediri, wisatawan dapat mudah menggunakan angkutan umum dari Kota Kediri karena tempat ini sangat berdekatan dengan universitas dan sekolah negeri di Kota Kediri.

Air Terjun Dolo Kediri

Air terjun ini terletak di dusun Besuki dan berada di bagian timur lereng Gunung Wilis. Air terjun Dolo berada di ketinggian 1800mdpl. Google Maps koordinat 7°52’10″S 111°50’5″E.

Tempat wisata air terjun Dolo Kediri telah tersedia beberapa fasilitas di sekitar kawasan air terjun, yaitu jogging track dan mendaki (hiking area). Disini juga terdapat taman bermain (play ground) dan tempat perkemahan (camping ground) untuk yang menginap dan mendirikan tenda. Kamu juga dapat bermalam lebih nyaman, dengan menginap di beberapa villa yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun. Beberapa meter dari air terjun, terdapat kebun sayur dan stroberi, kamu dapat membeli sayuran dan stroberi yang masih segar atau dapat pula memetiknya sendiri.

Akses menuju Air Terjun Dolo, dengan menuju Dusun Besuki dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, karena jalan menuju ke arah Air Terjun Dolo mendaki dan tidak mungkin dilewati kendaraan. Jalanannya berupa tangga-tangga dari bebatuan yang dibuat melingkari daerah tersebut. Disarankan untuk membawa baju hangat atau jaket karena suhu di sekitar air terjun cukup dingin.

Wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan salah satu tempat wisata Kediri yang cukup tersohor. Gunung kelud merupakan gunung berapi yang masih aktif. Apa sih yang menarik dari Gunung Kelud yaitu adanya kubah lava akibat letusan freatik tahun 2007 yang kini makin membesar dan menyumbat kawah danau, yang kemudian hancur akibat letusan 2014.

Gunung kelud memiliki beberapa puncak, yaitu: Puncak Sumbing di sisi selatan, Puncak Gajah Mungkur di sisi barat dan yang paling tinggi adalah Puncak Kelud. Kini di Puncak Gajah mungkur telah dilengkapi dengan gardu pandang. (Kunjungi pula: Kawah Ijen)

Selain itu Kelud juga memiliki wisata panjat tebing, Tebing Sumbing Gunung Kelud merupakan tebing batu andesit abu-abu gelap berbentuk mengerucut dengan kemiringan hampir sembilan puluh derajat, yang letaknya berada di sisi sebelah kanan setelah keluar dari terowongan Gunung Kelud. Tebing Sumbing Gunung Kelud yang menjulang dengan ketinggian 200 meter, dengan satu puncak bentuknya meruncing dan puncak lain yang lebih rendah bentuknya membulat. Saat ini telah ada 15 jalur pemanjatan dengan teknik pemanjatan dan tingkat kesulitan beragam.

Selain itu Gunung Kelud juga punya Pemandian air panas yang menarik. Ada 3 kolam yang bisa kamu jadikan tempat berendam, 2 kolam berisi air panas dan 1 kolam berisi air dingin. Terdapat pula wahana flying fox yang menantang.

Itulah beberapa tempat wisata Kediri yang harus Anda kunjungi. Kamu bisa berkunjung bersama teman ataupun keluarga dan nikmati pesona keindahan wisata alam Kediri. Selamat Berpetualang…

Read previous post:
7 Kebiasaan Baik Stop Sampah dan Vandalisme di Gunung

“Tidak meninggalkan apapun kecuali Jejak Kaki” begitulah penggalan kalimat yang harus selalu diingat para pecinta alam. Masihkah kamu merasa bangga...

Close