Ini lho Tempat Wisata Alam di Purwakarta

Posted on

Tempat Wisata di Purwakarta yang Asyik

PecintaAlam.net – Purwakarta seringkali hanya menjadi lokasi transit dalam perjalanan Jakarta – Bandung dan sebaliknya. Belum banyak yang mengetahui ternyata Purwakarta menyimpan potensi wisata yang cukup menarik. Untuk kamu yang ingin melepas lelah atau mengisi waktu liburan, tempat-tempat wisata di Purwakarta ini mungkin dapat menjadi referensi. (Baca pula: Wisata dan Mendaki Gunung Papandayan)

Daftar Tempat Wisata Purwakarta

Waduk Jatiluhur Purwakarta

Waduk ini adalah ikon penting Purwakarta. Objek wisata yang merupakan muara sungai Citarum ini memiliki luas 8,3 ribu hektar dan menawarkan banyak sekali sarana rekreasi dan olahraga air, seperti: selancar angin, perahu layar, dayung, ski air, dll. Letaknya yang hanya 9km dari pusat kota Purwakarta menjadikannya destinasi wisata air. Kamu bahkan dapat berkemah, menyewa bungalow, berenang, memancing  ataupun sekedar berkeliling waduk dengan menyewa perahu.

Bendungan yang dibangun tahun 1957 ini merupakan waduk serbaguna yang pertama di Indonesia. Airnya berfungsi sebagai irigasi, Pembangkit Listrik, budidaya ikan dan air baku minum. Suasana Waduk Jatiluhur yang                dikelilingi bukit dengan pepohonan rindang, dikdukung udara yang sangat sejuk tentu sangat cocok untuk bersantai mengusir kepenatan.

Air Terjun Curug Cipurut

Curug ini berjarak 30km kota Purwakarta dan berada di kaki gunung burangrang. Wisata air terjun ini memiliki 3 curug: Yang utama memiliki ketinggian sekitar 25m sedang dua lainnya lebih landai dan biasa dimanfaatkan untuk bermain seluncur. Untuk menuju tempat wisata Curug Cipurut Purwakarta ini sangat mudah dan dapat ditempuh menumpang angkutan pedesaan ataupun berjalan kaki dari terminal Wanayasa. Wisata Curug Cipurut sangat cocok untuk kegiatan kemping, berpetualang ataupun hanya sekedar foto-foto narsis.

Situ Wanayasa Purwakarta

Tidak jauh dari Curug Cipurut kamu juga dapat berkunjung ke Situ Wanayasa. Danau yang tidak begitu luas ini memiliki pemandangan menakjubkan, dengan pulau kecil yang berada di tengahnya dan di latarbelakangi Gunung Burangrang menambah keindahan suasana di Danau ini. Di pulau kecil itu terdapat makam pendiri Purwakarta RA. Suriawinata. Di danau seluas 7ha ini pengunjung dapat naik sepeda air, memancing ikan bahkan warga sekitar menggunakannya untuk jogging. (Simak nih: Eksplorasi Wisata Alam Jogja)

Taman Sri Baduga  – Situ Beleud Purwakarta

Situ Buleud dalam bahasa Sunda ‘Situ’ berarti danau dan ‘Buleud’ berarti bundar, jadi Situ Buleud berarti Danau yang Bundar. Dan memang jika situ ini dilihat dari udara, bentuknya terlihat bundar seperti lapangan bola yang dikelilingi lintasan atletik. Situ seluas 4 ha ini dibuat sebagai tempat penampungan air untuk berbagai keperluan masyarakat disekitarnya. Tapi seiring berkembangnya zaman, situ ini juga berfungsi sebagai tempat wisata dan ruang terbuka hijau Kota Purwakarta.Tempat wisata ini memiliki air mancur yang mirip di Singapura yaitu di Taman Sri Baduga. Air Mancur di Taman Sri Baduga dilengkapi dengan unsur light effect dan api di atas air, dengan variasi gerakan yang disesuaikan dengan hentakkan irama musik. Jika hentakan cukup cepat, air mancur pun akan menari dengan cepat dan jika alunan musik lambat maka air mancur akan menari dengan gemulai. Berkunjunglah pada hari sabtu malam pada jam 20.00-22.00 WIB untuk menyaksikan light effectnya. Air mancur tersebut menambah keelokan situ sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan situ untuk hunting foto. (Baca: Situ Lembang – Wisata Alam Bumi Parahyangan)

Tempat Wisata di Purwakarta ini dapat menjadi alternatif mengisi akhir pekanmu. Jika puncak atau bandung sudah terlalu padat untuk mengusir kepenatan ke Purwakarta bisa jadi jawaban. Selamat bersantai…..

Incoming search terms: