Ini lho Tempat Wisata Belitung – Negri Laskar Pelangi

Posted on

Wisata ke Belitung

PecintaAlam.net – Belitung atau orang lokal menyebutnya Belitong, kini jadi tujuan wisata yang cukup diperhitungkan para pelancong. Sejak film “Laskar Pelangi” diputar di bioskop dan novelnya banyak digemari semua orang, Belitung jadi daya tarik alternatif untuk turis karena Wisata Bahari yang ditawarkan disana.

Belitung adalah pulau yang terletak di lepas pantai timur Sumatra dan terkenal sebagai penghasil timah, kaolin serta lada putih. Pulau ini dibagi menjadi 2 kabupaten, Belitung Timur beribukota manggar dan Kab. Belitung beribukota Tanjung Pandan.

Akses dan Akomodasi ke Belitung

Sebelum kamu berwisata ke Belitung, ada baiknya kamu membuat rencana perjalanan terlebih dahulu karena kini Belitung adalah salah satu destinasi favorit turis dan backpacker. Untuk itu siapkan tiket perjalanan, pilihlah hotel yang nyaman, sewa mobil selama di sana, sewa kapal dll untuk berkeliling. Tips ini akan sangat berguna karena ketika akhir pekan tiba, Belitung akan banyak diserbu rombongan. Sebaiknya kamu menyiapkan jauh hari agar tiket tidak terlalu mahal dan tidak kehabisan tempat.

Belitung sangat mudah diakses dari jalur udara, ada banyak maskapai yang melayani rute ke Belitung dan dapat pula dengan naik kapal laut. Sedang untuk transportasi darat di Belitung seperti bus atau angkot tidak terlalu banyak. Agar lebih mudah kamu bisa menyewa mobil dengan sopirnya untuk mengantarmu ke tempat wisata di Belitung. Namun jika kamu berwisata sendirian, ojeg dapat menjadi pilihan alternatif dengan negosiasi sedikit pada pengendaranya, kamu dapat diantar berkeliling.

Kemana Aja Wisata Belitung

Belitung adalah kawasan pesisir pantai yang terdiri dari beberapa pulau sehingga berkeliling pulau menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan selama di Belitung. Kamu dapat menyewa perahu dan pemandu lokal untuk dapat mengajakmu menikmati pesona Belitung sambil ber-snorkling, melihat terumbu karang dan hunting foto. Untuk menggunakan jasa perahu kamu bisa pergi ke Pantai Tanjung Kelayang yang menjadi tempat keberangkatan kapal motor. Tarifnya Rp 400- Rp500ribu dan muat sampai 10 orang.

Untuk dapat menikmati keindahan Belitung, lebih bijak kamu menyiapkan beberapa perlengkapan untuk ke pantai, agar mendukung petualanganmu disana. Pastikan kamu membawa bekal yang cukup selama perjalanan. Bekal seperti air mineral, snack, roti dan buah bisa jadi pilihan. Konsumsi pula vitamin agar stamina tetap terjaga. Di beberapa lokasi di Belitung, agak susah mencari warung yang menjual berbagai minuman dan makanan, untuk itu persiapkan ya.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Belitung

Waktu terbaik berkunjung ke Belitung adalah saat musim kemarau yaitu di bulan April dan Juni karena laut sedang tenang dan langit yang biru cerah. Bulan Februari dan Maret dapat juga menjadi waktu kunjungan yang baik karena ombak tidak terlalu tinggi. Saat musim hujan, ombak biasanya tinggi, menyebabkan beberapa kapal tidak mau mengambil resiko untuk melaut.

Kunjungan saat akhir tahun di Belitung juga asyik karena banyak atraksi wisata budaya dan napak tilas “Laskar Pelangi” tanpa khawatir adanya ombak tinggi.

Berikut Wisata Pantai yang ada di Belitung

Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Berada sekitar 30 km dari kota Tanjung Pandan Pantai Tanjung Tinggi sangat dikenal wisatawan karena pernah dipakai syuting Laskar Pelangi yang fenomenal itu. Pantai ini sangat cantik karena berpasir putih dan memiliki ratusan batu granit yang sangat besar. Fasilitas di sekitar pantai ini cukup memadai karena terdapat banyak hotel dan kedai berbagai olahan seafood. Pantai Tajung tinggi berbentuk busur derajat dengan susunan batu granit di kedua sisi pantai membuat panoramanya sangat menarik, airnya yang jernih dan berombak kecil serta pasirnya yang putih membuat kamu bakal betah berlama-lama untuk berenang. Selain itu kamu juga dapat unting foto, berjemur, snorkeling, menyelam atau memancing.

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai ini ada di sekitar 27 Km dari Tanjung Pandan, Ibukota Kabupaten Belitung. Seperti halnya pantai lain di Belitung, bebatuan granit hal lazim disini. Terdapat formasi batu yang membentuk kepala burung, serta hamparan pasir putih yang bersih adalah pesona keindahan dari panorama pantai yang populer dikunjungi masyarakat Belitung sejak dulu. Keunikan Pantai Tanjung Kelayang memiliki pesisir sepanjang kurang lebih 1,5 km. Bagi kamu yang hobi fotografi, ini lokasi pas memuaskan hobi hunting foto. Dengan pantai berpasir putih nan lembut dan laut biru yang tenang serta panorama pohon kelapa di sepanjang pesisirnya menjadikan pantai ini sangat cocok untuk bersantai sambil berenang atau sekedar berjemur disana. (baca juga: Berpetualang ke Raja Ampat Papua)

Pulau Lengkuas Belitung

Pulau Lengkuas, juga salah satu primadona wisata Belitung, karena terkenal dengan mercusuar yang menjulang setinggi 50 meter. Mercusuar ini berdiri sejak tahun 1882 dan masih berfungsi baik hingga kini. Kamu bisa naik ke atas mercusuarnya untuk memotret keindahan Belitung dari ketinggian. Kamu dapat berkeliling Pulau kecil ini dalam waktu 20 menit,.

Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau diving karena disini terdapat spot-spot diving yang bagus, dan terdapat pula wreck indomarine. Siapkan baju renang dan casing kamera underwater. Untuk dapat ke Pulau Lengkuas bisa dengan perahu sewaan dari Tanjung Binga maupun Tanjung Kelayang. ( Baca juga: Karimunjawa)

Masih banyak pantai dan pulau lainyang menarik di Belitung untuk dikunjungi antara lain Pulau Pasir, Pulau Batu Berlayar (karena ada 2 batu raksasa yang berdiri vertikal, membentuk ibarat layar kapal), Pulau Batu Garuda, Pulau Memperak dll. Kamu dapat berkeliling ke pulau-pulau ini dengan menyewa perahu.

Wisata lain Belitung

Belitung juga menyimpan tempat wisata lain yang layak dikunjungi yaitu tempat yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi: SD Laskar Pelangi (replika SD Muhammadiyah Gantong)

Cicipi pula Warung Kopi Ake yang beralamat Jl KV Senang 57, Tanjungpandan merupakan warung kopi tertua di Belitung yang sudah ada sejak tahun 1921. Karena tradisi minum kopi sangat mengakar pada kebiasaan masyarakat Belitung. Malah banyak traveler merasa, belum sah kalau ke Belitung tapi kalau belum minum kopinya!

Kamu juga bisa mencoba Mie Belitung Atep milik Nyonya Atep yang telah berjualan mie Belitung sejak 1973. Mie yang beralamat di Jalan Sriwijaya ini berbeda dengan mie pada umumnya. Sajian mie kuning ini boleh dibilang adalah hasil kreasi lokal dengan cita rasa yang disesuaikan dengan wilayah geografis Belitung yang menghasilkan makanan laut. Siraman kuah kaldu udang dan beberapa udang rebus pun menjadi pelengkapnya.

Terakhir kamu bisa ke Museum Kata Andrea Hirata yang dibangun langsung oleh sastrawan dan pencipta novel ‘Laskar Pelangi’. Museum Kata Andrea Hirata  yang beralamat di Jl.Laskar Pelangi Nomor 7 di Desa Gantong, Belitung Timur itu berdiri sejak tahun 2010. Bagi kamu yang suka dengan sastra dan doyan baca buku, maka museum ini akan bikin lupa waktu. Jelas saja, ada banyak buku tentang sastra musik, fim, seni dan novel dari berbagai negara di dunia.

Itulah Tempat Wisata Belitung yang bisa jadi referensimu untuk berlibur ataupun berpetualang. Selamat menikmati keindahan dan keunikan Belitung…

Incoming search terms: