Ini Tips Belibur ke Pantai Pink Pulau Komodo

Posted on

Sesuai dengan namanya, Pantai Pink, berarti pantai yang berwarna pink atau merah muda. Ya, pasir dari pantai yang sat ini berwarna merah muda, sangat unik bukan? Pantai unik ini bisa Anda temukan di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Masih berada dalam satu kawasan Taman Nasional Komodo. Terkenal dengan pantai pink pulau Komodo

Indonesia patut berbangga karena memiliki satu pantai unik dengan warna pasir pink yang hanya bisa ditemukan di 7 negara dunia saja, yakni Filipina, Italia, Harbor Island, Crete, Yunani, Lagoon, dan Indonesia sendiri.

Di Indonesia pantai ini sangat terkenal, tak hanya terkenal akan pasir pinknya saja, tapi juga terkenal karena berada suatu kawasan yang menjadi salah satu keajaiban dunia, yakni Kawasan Taman Nasional Komodo.

Jika Anda berkunjung ke Pulau Komodo, jangan sampai lewatkan pantai pink pulau Komodo dan nikmati keindahan alamnya sambil bermain pasir pantai pinknya. Anda juga harus mencoba snorkeling dan diving disini karena keindahan bawah lautnya sangat mempesona.

Batu karang yang masih alami, berbagai jenis ikan dengan keunikan tersendiri, dan masih banyak berbagai biota laut lainnya bisa Anda temukan di pantai pink pulau Komodo ini.

Cara Menuju Pantai Pink Pulau Komodo

Yang pasti membuat Anda betah berada di pantai ini adalah suasananya yang tidak ramai, alias sepi, karena pantainya tak berpenghuni. Bahkan untuk menuju kesana pun Anda harus menyewa semacam kapal atau speed boat dari Labuhan Bajo, kemudian ke Pulau Rinca, dan barulah sampai ke Pulau Komodo.

Perjalanan tersebut kira-kira 1 jam lebih 30 menit sampai pada akhirnya Anda bisa menginjakkan kaki di pasir berwarna pink.

pantai pink pulau komodoLantas, kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan bersama keluarga atau teman di Pantai Pink Pulau Komodo ini? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa snorkeling dan diving menikmati keindahan bawah laut.

Berjemur di atas pasir pink juga merupakan aktivitas favorit para pengunjung. Berjemur santai untuk membakar kulit Anda sehingga terlihat eksotis. Cocok Anda lakukan di pagi hingga siang hari, sementara di sore harinya, nantikanlah keeksotisan matahari terbenam di pantai ini.

Panorama sunset di pantai pink pulau Komodo terkenal menakjubkan, maka jangan sampai momen ini terlewatkan. Abadikanlah peristiwa alam ini dengan kamera terbaik Anda untuk dijadikan kenangan.

Sepinya pantai ini membuat Anda merasa bebas dan nyaman serta bisa berelaksasi sambil memandangi panorama menakjubkan seputaran Pantai Pink Pulau Komodo.

Pasir pantai berwarna pink, air laut berwarna hijau tosca yang sangat jernih, ditambah lagi dengan pemandangan bukit memanjang di sepanjang pantai, membuat pantai pink pulau Komodo menjadi pantai favorit bernuansa alami.

Dengan keindahan dan berbagai macam aktivitas tersebut, maka sehari saja tidak akan cukup untuk berlibur di pantai cantik ini.

Penginapan Terbaik Pantai Pink Pulau Komodo

Jika ingin menginap, berbagai macam jenis penginapan dan akomodasi hanya tersedia di Labuan Bajo saja karena kawasan Pantai Pink masih terbilang daerah terpencil. Di Labuan Bajo, Anda bisa menemukan penginapan mulai dari home stay sederhana hingga hotel berbintang.

Beberapa hotel yang direkomendasaikan untuk Anda adalah La Prima Hotel, Hotel Bintang Flores, Komodo Resort & Diving Club, serta Labuan Bajo Office.

Nah, jika Anda ingin menginap di home stay sederhana, datanglah ke Kampung Komodo. Disana banyak penduduk yang menawarkan rumahnya sebagai penginapan dengan fasilitas sederhana.

Tiket pantai pink pulau Komodo

Untuk menuju kesana, Anda perlu biaya kapal atau perahu dari Labuhan Bajo menuju Pantai Pink Pulau Komodo, kemudian membayar biaya tiket masuk pantai sebesar Rp 10.000 bagi Anda wisatawan Nusantara, sementara untuk wisatawan mancanegara perlu berkontribusi Rp 50.000.

Nah, jika Anda ingin snorkeling atau diving, maka perlu biaya tambahan berupa sewa peralatan safety. Peralatan tersebut bisa disewa dari Labuan Bajo, atau tanyakan kepada tour guide Anda agar lebih mudah menyewanya.

Jika ingin menghabiskan waktu untuk berjemur santai sambil menikmati pemandangan dan suasana pantai, Anda bisa menyewa tempat berjemur berupa kursi pantai yang tersedia.

Biasanya dilengkapi dengan payung dan meja kecil tempat meletakkan makanan serta minuman. Dengan begitu liburan Anda di Pulau Komodo pun akan sempurna, tenang, nyaman, dan damai.

Namun perlu hati-hati dan selalu waspada ya, apapun kegiatan yang Anda lakukan, berhati-hatilah, karena komodo bisa berkeliaran di pantai kapanpun. Apabila sudah terlihat dari kejauhan ada komodo, sebaiknya Anda menjauh, demi keamanan diri sendiri. Dengan kondisi inilah mengapa Anda perlu dikawal oleh guide professional dan berpengalaman.

Sebelum berangkat liburan ke pulau unik ini, persiapkan dahulu perlengkapan dan perbekalan Anda. Mulai dari pakaian, obat-obatan, makanan, kacamata hitam, kamera, dan perlengkapan lainnya.

Baca juga: 14 Daftar Perlengkapan yang Perlu Saat ke Pantai

Setelah mengetahui cara menuju ke Pantai Pink Pulau Komodo, harga tiket masuknya, spot favorit pengunjung, serta akomodasi, maka Anda bisa berlibur ke pantai tersebut dengan santai dan menyenangkan. Jangan lupa perhatikan tips saat berkunjung ke pantai unik ini, tetap berhati-hatilah meski sudah ada guide yang mengawal Anda.

Yuk, kemasi perlengkapan Anda, saatnya melarikan diri … vitamin sea di depan mata!

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *