kelud via tulungrejo blitar

Mau Mendaki Kelud via Tulungrejo Blitar? Ini Ulasannya!

Posted on

Bagi kamu penyuka kegiatan mendaki gunung, ini lho satu lagi rekomendasi destinasi pendakian yang wajib kamu masukkan dalam daftar kunjungan selanjutnya. Mendaki kelud via tulungrejo Blitar.

Ya .. walaupun ketinggian Gunung Kelud ini hanya 1.731 mdpl, tapi jangan kamu remehkan dan kamu anggap enteng. Jalur pendakian kelud via tulungrejo ini sangat menantang dan menarik untuk dijelajahi.

Awalnya banyak orang memang menganggap Gunung Kelud ini hanya untuk wisata, bukan gaya mendaki. Namun ternyata persepsi itu salah besar, itu sudah kami buktikan sendiri saat melintasi rute kelud jalur tulungrejo Blitar.

Persiapan Mendaki Gunung Kelud via Tulungrejo

Sebelum kamu menjelajah kesana, ada baiknya mulai mencari informasi terlebih dahulu. Karena untuk menuju desa tulungrejo, tidak banyak angkutan umum yang bisa digunakan. Satu-satunya yang nyaman adalah membawa kendaraan sendiri atau mencarter. Dengan begitu semuanya terkendali.

Baca: Tips Buang Air Besar di Gunung

Yang berikutnya untuk menuju pos pendakian kelud via tulungrejo kamu bisa melihat dari peta di google dan mengikutinya saja. Karena sudah jelas dan akurat.

Untuk perlengkapan yang bisa kamu bawa, seperti biasa kamu wajib membawa perlengkapan pendakian seperti jaket, sleepeing bag, logistik, senter/headlamp, baju hangat, tenda dll. Sesuaikan saja dengan team yang hendak mendaki. Untuk informasi, jalur pendakian ini tidak tersedia air, jadi sediakan air yang cukup.

pos pendakian kelud via tulungrejo
pos pendakian kelud via tulungrejo

Kamu bisa menginap dengan membangun camp di tenda atau juga sistem tek-tok alias mendaki kepuncak langsung turun tanpa nge-camp. Kalau kami pilih yang opsi kedua, selain lebih ringan di barang bawaan, juga akan lebih cepat.

Rute Pendakian Kelud via Tulungrejo

Karena kami memilih opsi tektok, kami datang ke pos perijinan kelud kemudian langsung mendaftar dan mengurus perijinannya. Harga tiket masuknyanya berkisar 10ribu. Pos perijinan disini dikelola dengan sangat baik dan lumayan bersih. Disediakan juga tempat untuk menginap bagi para pendaki, cocok deh buat memulihkan stamina.

Oya kami juga menggunakan jasa ojeg untuk menuju pintu hutan. Tarifnya 5ribu per kepala, waktu tempuh sekitar 10menit saja dari pos perijinan.

Pintu rimba kelud via tulungrejo
Pintu rimba kelud via tulungrejo

Jika jalan kaki bisa sekitar 1jam. Karena melewati trek aspal diarea perkebunan milik warga. Setelah beberapa saat kamu akan sampai di pintu hutan menuju ke puncak Kelud. Jalurnya sangat jelas dan sudah ada banyak petunjuk.

Gunung kelud via tulungrejo Blitar memiliki rute diatas punggungan dengan 3 pos yang dapat digunakan untuk beristirahat. Jarak antar pos satu dengan yang lain sekitar 1 jam perjalanan mendaki.

Jalur pendakian didominasi oleh hutan yang cukup rapat dengan tanjakan yang cukup menguras tenaga dan tanpa bonus. Asalkan konsisten berjalan pos demi pos akan terlewati dengan cepat.

Setelah pos 3, kamu akan melihat jalur menuju puncak kelud yang sangat keren dan menantang. Dari lokasi ini memang terlihat dekat, namun kenyataannya memang lain .. (ini hanyalah ujian .. mohon bersabar..hehe)

Menuju Puncak Gunung Kelud via Tulungrejo

kelud via tulungrejoPendakian yang sebenarnya baru akan terasa menarik disini, karena selama berjalan dari pos ke pos berikutnya cenderung monoton. Kita melewati punggungan dengan kanan kiri jurang yang cukup dalam, namun cukup enak karena pepohonan besar memayungi kita.

Rute awal jalur menuju puncak kelud, kamu akan melewati jalur punggung naga. Sesuai dengan namanya, kamu memang seperti menaiki punggung naga yang berkelok-kelok dan naik turun dengan sangat curam.

mendaki kelud via tulungrejo blitar rute kelud via tulungrejoBeberapa segmen rute kamu wajib berhati-hati dan waspada karena turunanyang sangat curam dan batuan yang mudah longsor. Beberapa titik sudah tersedia tali pengaman jalur yang bisa membantu kamu. Gunakan saja dan jangan banyak bercanda di jalur ini.

1-2 jam berikutnya setelah melewati terjalnya jalur punggung naga Kelud, kamu akan sampai di batas vegetasi. Disini batu-batuan tinggi menjulang terpampang didepan mata dan menantang staminamu untuk melewatinya.

Setelah semua terlewati, wow .. suguhan bentangan kawah tersaji indah di depan mata. Sungguh pemandangan yang menakjubkan. Di sebelah kiri kami bisa mendaki menuju puncak triangulasi kelud. Berkibar dengan megah bendera Merah Putih dengan gagah di ujungnya.

jalur pendakian kelud via tulungrejo

puncak kelud via tulungrejo
Triangulasi
jalur kelud via tulungrejo
Kawah

Jika kamu ingin menuju ke bibir kawah, kamu wajib berjalan menyisiri pinggiran tebing yang cukup curam. Untuk melewati jalur ini wajib untuk hati-hati dan waspada karena jalan yang sangat tipis didominasi batuan curam. Namun sepanjang jalur ini sudah disediakan tali pengaman yang tertanam dengan cukup rapi.

Segera setelah melewati jalur itu, kawah Gunung kelud tersaji didepan mata. Kamu bisa memuaskan hasratmu untuk emngambil foto maupun video di lokasi ini. Namun jangan terlalu kepinggir, karena bebatuan yang mudah longsor sangat berbahaya.

Akhirnya terbayar lunas perjalanan panjang dan melelahkan ke Puncak Kelud via Tulungrejo dengan pemandangan yang keren dan memikat.

Baca juga: Pesona Pendakian Gunung Prau

Yang terpenting jaga terus kelestarian alam kita, agar kita bisa terus nikmati keindahannya .. yuk agendakan petualanganmu selanjutnya … !! Komen donk, mau kemana setelah ini ..

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *