Pendakian Puncak Natas Angin
Pendakian Puncak Natas Angin

Mendaki Jalur Naga Natas Angin via Abiyoso

Posted on

Puncak Natas Angin memang tidak berada di daftar jajaran puncak tinggi di Indonesia, namun jangan remehkan tracknya yang cenderung tanpa bonus dan dapat menghajar dengkul jika tidak terbiasa mendaki.

Puncak Natas Angin adalah salah satu dari beberapa puncak yang berada di barisan Gunung Muria. Berada di ketinggian 1700 mdpl, natas angin bisa menjadi pengobat rindu puncak bagi para pendaki yang tidak punya waktu panjang untuk ngebolang ke negri seberang.

Simak video perjalanan kami di bawah ini

Rute Pendakian Natas Angin via Abiyoso

Asyiknya mendaki puncak Natas Angin Gunung Muria adalah bisa kita tempuh dengan tek-tok (istilah untuk mendaki tanpa menginap). Jadi kamu bisa pergi pagi, sore hari sudah bisa kembali ke kota.

Seperti yang kami lakukan. Rute yang kami ambil adalah dari kota Kudus, kami langsung menuju desa gebog rah tawu Kudus. Perjalanan dari Kudus sekitar 20 km. Jika kamu belum mengetahui arahnya, kamu bisa mengikuti peta dari google dibawah ini, klik saja dari hapemu dan ikuti petunjuknya. Sekarang kan jaman canggih, ga perlu bawa peta.

Perjalanan menggunakan kendaraan ini akan berhenti ketika tepat berada di bawah gapura pertapaan abiyoso. Dari sini kamu bisa menitipkan kendaraanmu di tempat yang sudah dikelola warga.

Basecamp Natas Angin
Basecamp Natas Angin

Pendakian menuju puncak natas angin masih belum dikenakan tiket masuk, alias masih gratis. Namun begitu, kita perlu waspada dan berhati-hati selama dalam perjalanan.

Setelah kamu melakukan persiapan dan dengan peralatan dan bekal yang memadahi, kamu bisa langsung segera mulai petualanganmu menjelajah hutan gunung muria ini.

Ada setidaknya 4 pos untuk peristirahatan sebelum kamu menemukan pintu gerbang untuk pertapaan eyang abiyoso. Pos semi permanen ini terbuat dari bahan sederhana yaitu kayu dan dengan atap dari seng.

Jarak antar pos yang cukup tidak terlalu berjauhan, pas sekali untuk beristirahat sementara waktu. Di pos 2 dan pos 4, kamu juga dapat mengisi air jika kehabisan. Dengan air yang jernih karena mengalir dari sumbernya.

Di dekat pos 4 juga terdapat sebuah sumber air yang dinamai Sendang Suci, dengan tempat penampungan yang cukup besar dan dapat digunakan untuk membersihkan diri alias mandi.

Sendang Suci - Natas Angin
Sendang Suci – Natas Angin

Jika kamu ingin menginap, dipertapaan eyang abiyoso sangat luas dan memang banyak pendaki yang biasanya bermalam disana. Di tempat itu juga ada beberapa warung yang menjual makanan. Namun jika tidak banyak orang yang berkunjung, biasanya warung ini banyak yang tutup.

Pos Pertapaan Eyang Abiyoso
Pos Pertapaan Eyang Abiyoso

Perjalanan dari base camp rah tawu menuju abiyoso dengan kecepatan standart bisa kamu tempuh dalam waktu sekitar 3 jam

Rute ke Puncak Natas Angin lewat Jalur Naga.

Untuk menuju puncak natas angin dari pertapaan abiyoso, ada 2 jalur yaitu:

  • Jalur bebek : Jalur ini lebih panjang dan melambung, akan bertemu di puncak. Dari abiyoso kamu bisa ambil rute sebelah kiri.
  • Jalur Naga : Jalur ini lebih pendek dan cenderung tanpa bonus sama sekali, kita akan berjalan diatas punggungan bukit dengan diapit kanan kiri jurang yang cukup dalam. Rute lurus saja dari abiyoso.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih untuk ke puncak dengan mengambil jalur naga. Kemudian saat turun kamu bisa menggunakan jalur bebek untuk menghemat lutut.

Petunjuk Jalur Naga dan jalur bebek
Petunjuk Jalur Naga dan jalur bebek

Perjalanan dari abiyoso ke puncak memakan kurang lebih 1 jam perjalanan dengan stamina yang fit. Di puncak Natas Angin di ketinggian 1700mdpl kamu bisa memandang keindahan Gunung Muria dengan beberapa puncak di belakangnya.

Jalur Naga Natas Angin
Jalur Naga Natas Angin

Setidaknya kita akan melewati 3 puncak, selama perjalanan yaitu:

  1. Puncak Bayangan.
  2. Puncak Natas Angin.
  3. Puncak Tugu.
Puncak Tugu Natas Angin
Puncak Tugu Natas Angin
Puncak Bayangan Natas Angin
Puncak Bayangan Natas Angin
Puncak Natas Angin Gunung Muria 1700 MDPL

Simak juga: 8 Tips Pendaki Pemula yang perlu Kamu Ketahui

Bagaimana tertantang? Apakah kamu tertarik untuk berpetualang ke Puncak Natas Angin? Jalur ini cukup menarik dan cukup bersih untuk di ekplorasi. Yang penting, selalu jaga kelestarian alam kita dan bawa sampahmu turun ya guys ..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *