Menjelajahi Keindahan Pantai Tanjung Papuma

Posted on

Wisata Tanjung PapumaJika Anda menyukai keindahan pantai, banyak sekali pantai Indah nan eksotis di wilayah Indonesia yang dapat Anda kunjungi. Jawa Timur memiliki beberapa pantai yang layak jadi destinasi Anda untuk dinikmati, Pantai Papuma adalah salah satu dari sekian banyak yang layak Anda eksplor.

Simak perjalanan santai menuju Pantai Papuma yang terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Sebenarnya bukan kebetulan, untuk diketahui rumah penulis tidak jauh dari Pantai Papuma, sekitar 15-20 menit perjalanan menggunakan motor atau mobil.

Wisata Tanjung PapumaTanjung Papuma

Pantai Papuma juga biasa disebut Tanjung Papuma, karena memang letaknya yang menjorok ke laut dan disebut sebagai tanjung. Kawasan Pantai Papuma ini memberikan nuansa wisata yang masih alami. Ekosistem pantai yang masih terjaga, dikelilingi barisan bukit, berpasir putih, dan satu yang unik dari Papuma ini adalah letak hutan lindung dengan pantai sangat dekat, jadi udara terasa sejuk sehingga sangat mendukung untuk kegiatan outdoor misalnya berkemah, outbound, bersantai, penelitian, dan lain-lain.

Transportasi menuju ke Pantai Papuma

Jika Anda ingin lebih berkelas, Anda bisa menggunakan transportasi udara. Dari Surabaya ke Jember cuma butuh 35 menit. Penerbangan cuma sekali doank menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Biayanya berkisar sekitar 700rb PP Surabaya-Jember. Nah, setelah tiba Bandara Notohadinegoro Jember Anda bisa sewa mobil untuk menuju Pantai Papuma.

Jika menggunakan transportasi darat. Ada dua alternatif.

Transportasi Surabaya ke PapumaAnda naik bis tujuan Jember (Terminal Tawang Alun) dari Terminal Bungurasih Surabaya. Atau bisa juga menggunakan moda transport keretaapi dari Stasiun Gubeng Surabaya menuju Stasiun Jember. Menggunakan kereta Anda dapat memilih kelas yang sesuai budget di kantong, kelas ekonomi ada kereta Sri Tanjung atau Logawa (tarifnya sekitar 50ribu) sedangkan kereta eksekutif/bisnis Mutiara Timur siap melayani perjalanan Anda (biaya berkisar 75-150ribu).

Catatan Penting untuk Anda, ada baiknya menyewa mobil/motor dari kota Jember jika anda tidak mmbawa kendaraan sendiri untuk menuju kawasan wisata Pantai Papuma. Karena tidak ada kendaraan umum yang menuju ke Pantai Papuma. Untuk harga sewa mobil silahkan lakukan tawar menawar sendiri kisarannya sekitar 200-300ribu per hari. Maklum rumah penulis sangat dekat dari Papuma makadari itu tidak pernah sewa.

Keindahan Tanjung Papuma

Letak Pantai Papuma ini berada di selatan Kota Jember. Sekitar 45km dari pusat kota. Biasa ditempuh sekitar 45-60 menit perjalanan menggunakan mobil. Sebelum memasuki kawasan pantai, Anda akan melewati wisata vihara papumahutan yang mayoritas ditanami pohon jati. Setelah melewati loket masuk dan membayar tiket (hari biasa Rp. 7.000,-/org; Rp. 15.000,- jika hari besar atau hari raya) Anda akan disuguhkan pemandangan pantai dari atas bukit dan hutan yang masih alami yang masih menyimpan berbagai macam flora dan fauna tropis. Jadi Anda akan lihat kera/lutung bergelantungan di pohon, berbagai macam burung, dan lainnya.

Kawasan Pantai Papuma ini tergolong lengkap. Mulai dari Vihara, tempat penginapan, warung berderet yang menjual ikan  hasil tangkapan nelayan, perahu para nelayan yang berbaris rapi di tepi pantai, wahana permainan keluarga, sarana toilet, dan lainnya. Di antara warung berderet tersebut, ada warung tempat langganan penulis, namanya Sri Wulan. Kuliner yang mantab, kakap bakar plus sambal ala pedesaan dan dimakan dengan nasi hangat plus tidak pake sendok alias muluk (makan pake tangan), jooss gandos.. Gak percaya?? Ayo dicoba..

Bagi yang ingin menginap, tersedia penginapan dengan harga yang cukup terjangkau. Tarifnya di area ini sekitar 300-450 ribu per malam. Atau Anda bisa juga menginap di pusat kota Jember, dekat alun-alun dan sekitarnya. Tarif di sana lebih murah, sekitar 100-300ribu per malam, seperti hotel Merdeka, hotel Istana, atau mungkin kalo lebih bagus lagi bisa ke hotel Aston atau hotel Bintang Mulia.  Semua kembali pada ketebalan kantong Anda.

Keunikan Pantai Papuma adalah memiliki tujuh karang besar. Apabila pantai sedang surut kita bisa melihat karang-karang tersebut dengan jelas. Satu yang unik adalah Pulau Kodok. Jadi karena pulau karang ini berbentuk mirip dengan kodok raksasa yang selalu dihantam ombak besar sehingga memberi kesan bahwa pulau karang ini timbul tenggelam di tengah laut.

Pulau Nusa Barong

Pantai Nusa BarongUntuk Anda yang hobi memancing, jangan lewatkan Pulau Nusa Barong. Pulau ini berupa karang besar, alami, indah, dan masih tidak berpenghuni. Untuk menuju ke Pulau Nusa Barong, Anda bisa menyewa perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. Perlu diwaspadai, jaga keselamatan karena pantai ini adalah pantai selatan yang berhubungan langsung dengan laut lepas. Jangan hanya asal murah untuk sewa perahu agar tidak berujung maut. Ada baiknya perhatikan panduan dari nelayan, jika memang situasi alam tidak memungkinkan jangan memaksa untuk berlayar.

Momen Terbaik di Papuma

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Papuma adalah sekitar pukul 11.00 sampai dengan matahari terbenam. Mulai dari santap siang dengan Sunset di Papumamenu seafood di deretan warung tepi pantai sampai dengan momen matahari tenggelam bisa diabadikan dengan baik dalam kamera Anda. Menginaplah di pusat kota Jember sambil menikmati kuliner khas kota Jember. Sungguh pantai yang indah dan eksotis. Pasti terbayar kepuasan Anda ketika berkunjung ke kawasan wisata Pantai Papuma dan kota Jember.

Bagaimana…?Sudah mulai terbayang kan indah dan eksotisnya Pantai Papuma. Tunggu apalagi segera jadwalkan destinasi wisata alam Pantai Papuma untuk perjalanan berikutnya.

 

 

Anton Gunawan
Developer/Author at PecintaAlam[dot]net
Seorang blogger sederhana yang menyukai dunia traveling, outdoor activity, sampai dengan modifikasi motor.
Anton Gunawan on Wordpress

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *