Select Page

Wisata ke Kepulauan Derawan

Selain Raja Ampat yang tersohor di Papua, satu lagi keindahan pantai di Kalimantan Timur ini tidak boleh terlupakan. Adalah Kepulauan Derawan dengan keindahan beberapa pulau diantaranya Pulau Sangalaki, Maratua, Kakaban, dan Pulau Derawan. Di kepulauan ini masih banyak spesies hewan yang tergolong langka dan dilindungi, seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, ikan barakuda, kima, dan beberapa hewan lainnya.

Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi di kawasan ini. Terutama Taman Bawah Lautnya yang sangat diminati oleh wisatawan asing maupun lokal terutama para pecinta diving kelas dunia. Selain menikmati diving, pengunjung dapat melihat proses bertelur dari penyu, juga menikmati pantai yang bersih dan indah (tidak ada sampah).

Berkunjung Ke Derawan

Sebagai daerah potensial wisata, pemerintah setempat terus meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana untuk memberikan kenyamanan wisatawan Kepulauan Derawanyang berkunjung. Salah satunya adalah untuk komunikasi. Di Kepulauan Derawan ini juga sudah terjangkau sinyal 3G. Namun sayang, mesin ATM masih jarang ditemukan di daerah ini. Jadi apabila Anda ingin berkunjung ke Kepulauan Derawan bawalah uang tunai lebih.

Hotel dan Resort di Derawan

Resort dan penginapan sudah banyak tersebar di pinggir pantai dengan harga yang ramah di kantong. Tempat yang paling lengkap di Pulau Derawan. Mulai dari harga Rp. 100.000 sampai jutaan rupiah dapat dijumpai di sini. Ada juga Resort Pulau Derawancottage yang dibangun di atas laut, kisaran harga sewanya sekitar Rp. 300.000,- Alternatif lain adalah di Pulau Maratua. Di pulau ini harga sewa lebih mahal daripada di pulau Derawan. Bagi mereka yang punya uang lebih, bisa menginap di Resort berbintang seperti di Maratua Paradise Resort. Tarifnya mulai dari Rp. 600.000,- Lain halnya di Pulau Nabucco dan Sangalaki. Masing-masing hanya memiliki satu Resort dan kurs menggunakan US Dollar. Mantab..

Transportasi Menuju Derawan

Untuk menuju ke Kepulauan Derawan ini ada beberapa pilihan.

Via Darat. Setibanya di Balikpapan dilanjutkan menuju Samarinda. Bisa menggunakan bus, bisa juga menggunakan travel. Dari Samarinda menuju Tanjung Redeb menggunakan travel (sejenis Avanza). Biaya sekitar Rp. 300.000,- bisa lebih. Dari Tanjung Redeb lanjut menuju Tanjung Batu, juga menggunakan travel. Biayanya sekitar Rp. 150.000,- Dari Tanjung Batu menuju Pulau Derawan harus sewa Speedboat. Biaya sewanya sekitar Rp. 100.000,-

Via Udara. Banyak penerbangan yang menuju Balikpapan. Setelah tiba di Balikpapan ada dua pilihan untuk menuju Kepulauan Derawan. Pertama, penerbangan melalui Tarakan. Selain lebih murah juga lebih banyak pilihan penerbangannya. Setelah tiba di Tarakan, perjalanan dilanjutkan dengan sewa Speedboat. Nah, sewa dari sini terbilang mahal jadi alangkah baiknya berangkat secara rombongan. Kedua, penerbangan melalui Berau. Maskapai yang melayani Balikpapan – Berau diantaranya Sriwijya Air, Wings Air, Kalstar, Garuda Indonesia. Untuk masalah harga, menyesuaikan dengan kantong Anda. Setibanya di Berau, perjalanan dilanjutkan melalui darat menuju Tanjung Batu kemudian dilanjutkan menyewa Speedboat.

Menjelajahi Pulau Derawan

Ketika sudah tiba di Pulau Derawan. Pulau-pulau di sekitarnya juga wajib dikunjungi. Seperti Pulau Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Ketiga pulau ini memiliki ciri tersendiri. Tak sedikit penduduk Derawan menawarkan boat menujut ketiga pulau tersebut dalam sehari dengan harga sekitar Rp. 700.000,- per boat.

Pulau Sangalaki

Taman Laut Sangalakimemiliki spot-spot snorkling yang indah, di sini dapat melihat ikan-ikan badut bermain di balik terumbu karang. Banyak pula berbagai biota laut yang bagus. Di pulau ini juga dapat mendatangi area penangkaran penyu hijau yang cukup langka.

Pulau Maratua

merupakan ikon terindah Kepulauan Derawan. Pulau ini menjadi pulau terluar di Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia dan Laut Sulawesi. Pulau ini sering disebut-sebut sebagai saingan terberat Raja Ampat. Pulau ini sungguh menawan, dengan sebuah resort di dalamnya. Di Pulau ini Anda dapat mencari spot-spot diving yang indah.

Pulau Kakaban

Ubur-Ubur KakabanYang menjadi spot paling khas adalah Danau Kakaban. Air di danau ini berupa campuran air laut dan air tawar. Di sini juga dapat dijumpai beberapa biota laut yang unik, salah satunya adalah ubur-ubur lucu yang tidak menyengat.

Diving dan Snorkling

Apabila Anda pecinta diving, banyak tempat penyewaan alat snorkeling dengan tarif beraneka macam. Mulai yang paling murah Rp. 50.000,- sampai dengan penyediaan alat paling lengkap di Dive Center. Untuk berkeliling di pulau Derawan ini cukup berjalan kaki karena memang pulaunya tidak begitu besar. Apabila Anda tidak mau repot, gunakanlah fasilitas tour and travel agent kepercayaan Anda. Penulis juga menyertakan beberapa nomor telfon Sunset Derawanyang termasuk penting ketika Anda akan berkunjung atau berada di pulau ini :

  • Travel Samarinda-Berau: 081347257555 / 082149128933
  • Travel Berau – Tanjung Batu: 081250280806
  • Sari Cottage dan Sewa Speedboat: 081346538448 (Sanusi)
  • Penginapan Ilham (Murah): 081347807078 (Usman)
  • Sewa Speedboat: 081346531978 (Hendrik)
  • Derawan Beach Café & Cottage: 081346562765 (Heru)
  • Maratua Paradise Resort: 082157169229, 085246585368 (Ilsam)
  • Satu lagi yang terakhir adalah Pak Kadek (08134621782), Danakan Dive Center, dari sewa mobil, sewa speedboat, penginapan sampai dive trip.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat…

Selamat berlibur dan tetap jaga kelestarian alam Indonesia….

 

Anton Gunawan
Developer/Author at PecintaAlam[dot]net
Seorang blogger sederhana yang menyukai dunia traveling, outdoor activity, sampai dengan modifikasi motor.
Anton Gunawan on Wordpress
Read previous post:
8 Tips Pendaki Pemula

8 Tips Pendaki Pemula Tips pendaki pemula sangat layak untuk disimak jika anda merencanakan untuk mendaki atau berpetualang dalam waktu...

Close