Pantai Wedi Ombo Jogja Tempat Surfing Terbaik

Pantai Wedi Ombo Jogja Tempat Surfing Terbaik

Posted on

Pantai Wedi Ombo Jogja merupakan satu dari ratusan pantai yang ada id Yogyakarta dengan keindahan yang luar biasa. Dengan hamparan pasir putih serta gugusan karang alami menambah keindahannya semakin mempesona. Bahkan ombak di pantai Wedi Ombo Jogja ini sangat cocok untuk berselancar.

Dengan ombaknya yang stabil tak seperti pantai di Jogja lainnya, maka tak heran jika setahun terakhir ini pantai Wedi Ombo Jogja dijadikan sebagai tempat berkumpulnya ‘pemburu ombak’. Bahkan ombak di pantai Wedi Ombo Jogja ini dianggap sebagai ombak paling baik di Jogja. Hal tersebut karena memang pantai ini berbentuk seperti teluk yang dikelilingi oleh bukit karang.

Selain mempunyai ombak yang baik untuk berselancar, pantai Wedi Ombo Jogja juga memiliki pesona sunset yang menakjubkan dibandingkan dengan pantai lainnya di Gunung Kidul. Hal tersebut karena, pantai Wedi Ombo Jogja sendiri menghadap ke barat, sehingga pada bulan November hingga Mei posisi tenggelamnya matahari tepat horizontal di laut.

Wedi Ombo sendiri artinya ‘pasir putih yang luas’, hal ini memang pantai Wedi Ombo Jogja memiliki hamparan pasir yang luas dengan membentang di pinggir pantai. Jika anda ingin bermain di pantai ini, maka anda harus menuruni anak tangga dari lokasi parkir, hal tersebut karena memang pantai Wedi Ombo Jogja dikelilingi oleh perbukitan.

Suasana di sekitar pantai akan terasa alami, karena perbukitan yang mengelilingi pantai Wedi Ombo Jogja memiliki pohon yang teduh, sehingga membuat suasana menjadi tak gersang. Apalagi dengan gugusan karang yang alami menambah lengkap keindahan yang disajikan. Sebenarnya, gugusan karang tersebut merupakan fenomena geologi dari batuan Gunung Api Purba, sangat menakjubkan bukan?

Jelajahi juga: Pantai Senggigi

Bahkan jika anda sedang beruntung, maka anda bisa melihat upacara adat atau ritual Ngelangi yang diadakan oleh warga sekitar di pantai Wedi Ombo Jogja. Upacara tersebut sebagai bentuk rasa syukur pada Tuhan karena telah memberikan hasil panen yang melihat. Selain itu juga sebagai bentuk permohonan untuk rejeki di tahun berikutnya.

Kegiatan yang dilakukan saat ritual Ngelangi bukan hanya mengarung sesaji ke laut saja, namun juga ada aktivitas lainnya. Yaitu seperti menangkap ikan menggunakan gawar atau jaring dari pohon jawar, dan kemudian ikan yang diperoleh akan dimasak dan dimakan bersama dalam acara kenduri besar.

Pantai Wedi Ombo Jogja

Lalu aktivitas apa saja yang bisa anda lakukan di pantai Wedi Ombo Jogja? Dengan suasana yang indah serta ombaknya yang stabil, tentunya banyak kegiatan yang bisa anda lakukan.

Beberapa diantaranya yaitu:

  • Surfing

Bagi anda yang menyukai surfing maka pantai Wedi Ombo Jogja tepat bagi anda untuk dicoba. Sebab tempat wisata di Jogja ini merupakan tempat surfing terbaik yang ada di jogja. Jika anda belum bisa surfing, jangan khawatir. Sebab ada Wedi Ombo Surfing Society atau WOSS yang akan mengajari anda untuk surfing.

Dengan harga yang murah yaitu 100 ribu, anda bisa mengikuti kelas surfing selama 1,5 jam, dimana anda akan diajari teori dan teknik dasar dalam surfing, dan selanjutnya anda akan praktik surfing. Tarif yang akan dikenakan sudah termasuk sewa surfboard, jasa pemandu sekaligus foto. Sangat menarik bukan?

  • Snorkeling

Tak hanya surfing saja, di pantai Wedi Ombo Jogja, anda juga bisa snorkeling. Bahkan ada 2 tempat yang bisa anda pilih untuk snorkeling yaitu yang pertama berada di sekitar pantai, sehingga bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Sedangkan yang kedua berada cukup jauh dari pantai, yitu di tenagh laun, sehingga harus menaiki perahu. Masyarakat sekitar menyebut lokasi kedua surfing ini degan ‘belakang ombak’. Harga snorkeling di pantai Wedi Ombo Jogja ini yaitu 30 ribu di sekitar pantai.

  • Berenang di Laguna

Laguna pantai wedi omboUniknya lagi, di pantai Wedi Ombo Jogja terdapat dertan karang sisi selatan Wedi Ombo yang membentuk ceruk kecil yang mirip dengan Laguna kecil.

Laguna tersebut pun diapit oleh batu arang, sehingga ketika air laut sedang surut bisa digunakan untuk berenang. Apalagi dengan ombak yang menerjang karang, maka berasa seperti waterbyur. Namun ingat! Jangan menaiki karang atau foto diatas karang, karena itu berbahaya.

  • Hammocking

Lakukan hommocking dengan merebahkan tubuh anda di cabang pohon sembari menikmati desiran air laut serta tiupan angin yang sejuk. Apalagi jika dilakukan di sore hari, maka juga akan bisa melihat senja di ufuk barat yang sangat cantik.

  • Camping

Siapa bilang camping hanya dilakukan di gunung saja, di pantai Wedi Ombo Jogja anda juga bisa melakukan kegiatan camping dengan membawa tenda sendiri dari rumah. Dengan pohon yang rindang di sekitar pantai, bisa dijadikan sebagai pelindung dari terik matahari.

  • Hunting foto

Hunting foto tentunya merupakan hal yang wajib dilakukan ketika liburan. Nah, di pantai Wedi Ombo Jogja ini ada banyak spot foto yang unik dan menarik yang bisa menghasilkan gambar bagus.

Lokasi pantai Wedi Ombo Jogja berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika ditempuh dari pusat kota membutuhkan waktu 2,5 hingga 3 jam. Sedangkan rute perjalanan pantai Wedi Ombo Jogja hanya dengan mengikuti rute menuju Pantai Siung. Harga tiket masuk pantai Wedi Ombo Jogja hanya 5 ribu saja. Asik bukan? Yuk, siapin jadwalmu!

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *