Pesona Pantai Pasir Putih Situbondo Yang Menakjubkan

Pesona Pantai Pasir Putih Situbondo Yang Menakjubkan

Posted on

Banyak daerah di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan laut, maka tak heran menjamur wisata pantai yang terdapat disana. Bahkan banyak pantai di Jawa Timur yang memiliki keindahan luar biasa, sehingga dijadikan sebagai objek wisata. Salah satu pantai yang memiliki pesona luar biasa yaitu pantai Pasir Putih Situbondo.

Topografi unik yang dimiliki oleh Pasir Putih Situbondo dengan bentuknya yang melengkung ke arah laut, membuat pantai ini memiliki bentuk yang unik. Apalagi di bagian utara terlihat hamparan laut biru dari Selat Malaka, tentunya menambah keindahannya semakin lengkap.

Lokasi pantai Pasir Putih Situbondo berada di Dusun Kemangsambu, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Destinasi wisata di Jawa Timur ini makin lengkap daya tariknya dengan adanya barisan pohon cemara udang, kelapa serta pohon jati yang membuat suasana menjadi tenang.

Bahkan di hutan yang ada di pantai Pasir Putih Situbondo terdapat banyak satwa yang hidup bebas, salah satunya adalah kera hitam. Begitu Anda memasuki kawasan pantai Pasir Putih Situbondo, Anda akan disambut dengan kera-kera yang siap berebut makanan.

Jelajahi juga: Berwisata ke Green Canyon

Sebaiknya jika Anda mampir ke sini, sempatkan membawa makanan untuk kera. Tapi jangan takut, kera-kera yang ada di sini tak akan mengganggu Anda, jika Anda tidak mengganggunya.

Banyak hal menarik serta aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai Pasir Putih Situbondo  ini, mulai dari bermain di pinggir pantai, berenang, berlayar, memancing, cross ATV hingga snorkeling.

Daya Tarik Pantai Pasir Putih Situbondo

Kegiatan yang paling digemari oleh wisatawan adalah kegiatan berenang atau bemain air di pinggir pantai. Bagi Anda yang tak bisa berenang, tenang saja, karena di pantai terdapat jasa penyewa pelampung, sehingga Anda tetap bisa berenang.

Bagi Anda yang ingin menyusuri sekitar pantai, di pantai Pasir Putih Situbondo terdapat beberapa penyedia jasa sewa perahu untuk menikmati keindahan tempat wisata di Jawa Timur ini.

Pasir Putih Situbondo 1Bahkan Anda bisa menyewa perahu yang terdapat fasilitas kotak kaca di bagian bawahnya, sehingga tak hanya pemandangan sekitar saja yang bisa Anda lihat, karena Anda juga bisa melihat biota bawah laut yang sangat indah. Ciri khas perahu yang ada di sekitar pantai Pasir Putih Situbondo  adalah perahu layar, tentunya ini merupakan hal yang sangat menarik bukan.

Jangan khawatir tentang keasyikan yang akan Anda peroleh dari pantai Pasir Putih Situbondo, karena bukan hanya panoramanya saja yang menakjubkan, di pantai ini juga sering ada pagelaran hiburan, seperti konser musik, lomba selancar. Lomba memancing dan lomba perahu nelayan. Bahkan di bulan Oktober terdapat acara khusus yaitu Upacara Petik Laut yang dilakukan masyarakat sekitar.

Upacara Petik Laut merupakan sebuah acara yang dilakukan masyarakat nelayan lokal, yang bertujuan untuk memohon berkah dari Tuhan atas hasil laut yang telah didapatkan.

Ketika pelaksanaan Upacara ini banyak pertunjukan yang akan dihadirkan, seperti pertunjukan musik Gandrung yang merupakan pertunjukan musik tradisional khas wilayah tersebut.

Fasilitas pantai Pasir Putih Situbondo tentunya sangat lengkap, karena terdapat mushola, kamar mandi serta bangku beton yang bisa digunakan untuk bersantai. Jika ingin membeli oleh-oleh disini, tentunya sangat bisa, karena banyak kios-kios yang menjual oleh-oleh khas Jawa Timur serta souvenir khas pantai Pasir Putih Situbondo.

Kegiatan Bawah Laut Pantai Pasir Putih Situbondo

Lalu bagaimana dengan kegiatan snorkeling? Tentunya banyak yang menyukai kegiatan snorkeling. Menyelam sambil menikmati biota yang ada di pantai Pasir Putih Situbondo merupakan hal yang sangat menyenangkan. Karena alam bawah laut di pantai Pasir Putih Situbondo terdapat banyak biota laut seperti ikan unik serta terumbu karang yang tumbuh dengan cantik.

Daya tarik lain pada destinasi wisata di Jawa Timur pantai Pasir Putih Situbondo ini Anda juga dapat melakukan diving, karena ombak disini tenang dan memiliki air yang jernih. Selain itu disini juga terdapat 5 gugusan terumbu karang yang menarik di pantai Pasir Putih Situbondo.

Diantaranya yaitu Teluk Pelita, Karang Mayit. Watu Lawung yang terletak di dekat tepi pantai. Dimana ketiga gugus terumbu karang tersebut memiliki ketinggian 3 meter sampai 15 meter. Pemandangan yang sangat menakjubkan dari ketiga gugus terumbu karang tersebut adalah terdapat koral dengan spons yang berwarna-warni serta bintang laut yang tembus pandang.

Sedangkan kedua gugus terumbu karang lainnya yaitu Takat Palapa dan Kembangsambi yang terletak jauh dari pantai. Namun untuk sampai di gugus terumbu karang tersebut harus dengan menaiki perahu motor selama dua jam.

Bagaimana Menuju Kawasan Pantai Pasir Putih Situbondo

Jika Anda ingin menikmati keindahan kawasan wisata ini, Anda dapat menggunakan rute perjalanan pantai Pasir Putih Situbondo dari kota Surabaya menuju Situbondo mengendarai bus atau mobil pribadi. Sedangkan dari kota Banyuwangi dibutuhkan waktu sekitar 4 jam menuju ke spot itu. Namun jika berangkat dari pusat kota Situbondo hanya membutuhkan waktu 40 menit saja.

Berbagai keindahannya yang ada di pantai Pasir Putih Situbondo ini pengunjung hanya dikenakan tiket masuk 6 ribu saja. Dengan keindahan dan harganya yang terjangkau ini, sangat cocok jika pantai Pasir Putih Situbondo dijadikan sebagai destinasi liburan Anda. Tunggu apa lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *