tempat wisata di garut talaga bodas

Weekend Asyik ke Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas, Ini Infonya!

Posted on

Garut merupakan kota sejuk yang berada di Jawa Barat. Selain terkenal karena dodol garutnya, kota ini juga menyimpan banyak tempat wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi. Salah satu yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi adalah Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas.

Talaga Bodas adalah tempat wisata yang terletak di Garut, tepatnya 28 kilometer dari ibu kota Garut. Dalam Bahasa Indonesia, Talaga Bodas memiliki arti danau atau telaga putih. Hal ini dikarenakan lokasinya berupa danau kecil bekas kawah dan terdapat air belerang yang warnanya putih. Dan di danau ini masih terdapat aktivitas vulkanik berupa belerang serta air panas. Selain mengalir menuju kawah, air belerang ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air panas dan pengobatan oleh masyarakat sekitar danau.

Jelajahi Juga: Pantai Pananjung Ciamis

Lokasi Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas

Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas berada di Desa Sukamenak, Wanaraja, Garut. Wilayahnya masih dalam pengelolaan BKSDA Jawa Barat. Untuk sampai di telaga ini, Anda dapat menggunakan jalur Bandung – Garut – Wanaraja ataupun Bandung – Limbangan – Cibatu – Wanaraja.

Untuk menuju tempat wisata yang satu ini belum terdapat penanda jalan. Penandanya hanyalah pertigaan sesudah Alun-alun Wanaraja belok ke kanan atau pertigaan sebelum Alun-alun Wanaraja bisa ambil belokan ke kiri. Sedangkan untuk transportasi umum Anda bisa naik angkot Garut – Wanaraja dari terminal Guntur Garut dan disambung hingga ke lokasi.

Ketika hampir sampai di kawah, Anda akan menjumpai pertigaan yang disekitarnya terdapat warung-warung kecil. Ada jalan ke kanan menuju Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas, sedangkan jalan lurus menuju ke Tasikmalaya.

Dari sini Anda dapat melihat pemandangan berupa Gunung Sadahurip yang katanya merupakan piramida purba. Spot yang satu ini merupakan spot terbaik untuk melihat Gunung Sadahurip yang berbentuk piramid itu.

Sekarang ini sudah dimulai penataan tempat area Talaga Bodas. Kendaraan pribadi sudah tidak boleh masuk lagi ke area kawah, namun harus berhenti di area gerbang masuk. Semua kendaraan wajib parkir di tempat ini. Dari sini Anda bisa berjalan kaki menuju lokasi kawah, atau Anda juga bisa menggunakan ojek khusus yang dapat mengangkut pengunjung ke area tersebut. Terdapat juga warung-warung di area parkir yang bisa menjadi sarana pembelian makanan oleh pengunjung talaga.

Kunjungi pula: Keunikan Wisata Pantai Sawarna

Keunikan Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas

Ada berbagai tempat yang dapat dikunjungi ketika Anda berada di Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas ini. Selain kawah, Anda dapat mengunjungi kolam renang air panas yang berada di area kanan kawah. Kolamnya terbuka berada tepat di pinggir kawah. Untuk sampai di lokasi ini, Anda cukup berjalan menyusuri rute ke kanan kawah. Biasanya akan ada ojek yang menawarkan jasanya kepada pengunjung, namun sebenarnya jaraknya cukup dekat yaitu hanya 200 meter saja. Jadi Anda bisa jalan kaki, dan menghemat ongkos karena tidak naik ojek.

Selain kolam renang air panas, ada juga Pancuran Tujuh. Ini merupakan kolam rendam air panas yang dipercaya warga sekitar mampu membawa berkah. Untuk sampai di Pancuran Tujuh, Anda bisa jalan ke sebelah kiri area parkir kurang lebih jaraknya 1 kilometer.

Harga Tiket Telaga Bodas GarutHarga Tiket Masuk Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas

  • Pengunjung lokal hari biasa Rp 5.000 dan hari libur Rp 7.500
  • Pengunjung luar hari biasa Rp 100.000 dan hari libur Rp 150.000
  • Parkir motor hari biasa Rp 5.000 dan hari libur Rp 3.000
  • Parkir sepeda hari biasa Rp 2.000 dan hari libur Rp 3.000
  • Parkir mobil hari biasa Rp 10.000 dan hari libur Rp 15.000
  • Parkir roda 6 hari biasa Rp 50.000 dan hari libur Rp 75.000
  • Rombongan mahasiswa atau pelajar hari biasa Rp 4.000 per orang hari libur Rp 4.500
  • Foto pre wedding atau komersial Rp 250.000

Keadaan jalan menuju Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas dari mulai Pasar Wanaraja cukup rusak. Sehingga Anda yang membawa kendaraan harus hati-hati, sebaiknya jangan menggunakan kendaraan seperti sedan dan sejenisnya, sebab kondisi jalannya berlubang dan rusak.

Untuk akomodasi menuju Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas, tersedia warung-warung di area parkir bawah, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Terdapat juga fasilitas berupa toilet, area parkir, dan lainnya. Namun untuk tempat menginap tidak ada di area ini, karena hanya untuk camping.

kawah Talaga bodas
kawah Talaga bodas

Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas merupakan tempat wisata yang indah, hanya saja yang disayangkan adalah kondisi jalannya rusak. Semoga ke depannya jalan menuju Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas bisa diperbaiki. Sehingga para wisatawan yang ingin berkunjung bisa tetap nyaman selama perjalanan dan tidak terganggu karena kondisi jalan yang rusak.

Tempat Wisata Di Garut Talaga Bodas sangat cocok Anda kunjungi saat liburan atau weekend. Pastikan untuk membawa peralatan yang diperlukan selama liburan ke sini karena kondisi jalan yang kurang memungkinkan. Selamat liburan dan selamat berkunjung ke Talaga Bodas.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *