Pantai Pananjung Ciamis

Yuk Eksplor Pantai Pananjung Ciamis, Ini Ceritanya!

Posted on

Bagi Kamu yang berdomisili di Jawa Barat pasti sudah tak asing lagi dengan Kabupaten Ciamis bukan? Ya, kabupaten yang berbatasan dengan Pangkamuran dan Samudera Hindia di bagian selatannya ini terkenal akan wisata alamnya, yakni Pantai Pananjung Ciamis.

Karena letaknya yang berdekatan dengan Pangkamuran, maka tak jarang orang menyebut Pantai Pananjung ini berada di Kabupaten Pangkamuran. Memang pantai ini berada di kawasan cagar alam Pangkamuran, namun lokasi pantainya termasuk dalam Kabupaten Ciamis.

Pantai Pananjung Ciamis sendiri memiliki panorama yang luar biasa, dengan hamparan pasir putih dan jernihnya air laut membuat liburan Kamu sempurna. Tempat ini cocok bagi Kamu yang ingin berileksasi menghilangkan penat dan stres yang dialami. Menikmati keindahan alam, bersenang-senang, santai, tentu hal inilah yang dituju para pengunjung pantai.

Cara Menuju Pantai Pananjung Ciamis

Nah, lalu bagaimana akses menuju Pantai Pananjung Ciamis? Jangan khawatir, akses menuju kesana sangatlah mudah, sudah ada 2 akses, yakni jalur darat dan jalur laut.

Bagi Kamu yang ingin berkunjung dengan jalan kaki, Kamu bisa masuk melalui area Cagar Alam Pananjung dari gerbang barat. Setelah memasuki gerbang tersebut, Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 300 meter saja.

Tentunya jalur darat tersebut sangat menyenangkan bagi Kamu yang hobi hiking atau berjalan kaki. Apalagi sambil menikmati Cagar Alam Pananjung yang penuh akan binatang-binatang lucu maupun binatang liar.

Tak hanya itu saja, beberapa hewan dan tumbuhan langka pun bisa Kamu temukan di Cagar Alam Pananjung ini. Tentu saja hewan dan tumbuhan langka ini sangat dilindungi, jadi Kamu hanya bisa berselfi atau berfoto dengan folra fauna langka tersebut.

Sementara akses jalur laut untuk menuju Pantai Pananjung Ciamis bisa Kamu lakukan dengan menyewa perahu dari Pantai Barat. Sewa perahu ini cukup terjangkau, yakni Rp 15.000 saja per orangnya.

Satu perahu bisa menampung 7 orang dalam sekali perjalanan. Dengan jalur laut ini maka Kamu bisa menikmati kejernihan air laut serta keelokan pasir putih dari kejauhan.

Sesampainya di Pantai Pananjung Ciamis, Kamu bisa melakukan banyak hal. Pada umumnya saat berlibur ke pantai adalah bermain pasir, berjemur, foto-foto, dan bermain air. Namun di pantai yang satu ini, Kamu bisa juga menikmati keindahan dasar laut dengan diving atau snorkeling.

Biota laut seperti teripang, tiram, bintang laut, kuda laut, dan lainnya bisa Kamu temukan disini. Dengan kejernihan air laut, Kamu bisa melihat jelas batu karang dan binatang yang hidup di sekitarnya.

Selain menyelam, Kamu juga bisa bermain air dengan cara selancar. Ya, aktivitas ini banyak digemari pemuda yang suka tantangan. Selancar bukan untuk kesenangan semata, namun juga sebuah kegiatan olahraga, yakni olahraga air. Olahraga yang sedikit ekstrim ini hanya bisa dilakukan di pantai-pantai yang memiliki ombak cukup besar.

Bagi Kamu yang takut diving, snorkeling, dan selancar, jangan khawatir, ada aktivitas lain yang bisa dilakukan yakni berkeliling pantai dengan kapal. Semua kegiatan ini bisa dilakukan dengan membayar kembali biaya sewanya.

Nah, sementara jika Kamu tidak ingin mengeluarkan biaya lagi, Kamu bisa berjemur, berenang, atau bermain pasir di Pantai Pananjung Ciamis. Hal tersebut tak kalah seru bila Kamu bermain dengan teman atau keluarga.

Di Pantai Pananjung Ciamis juga masih banyak kera-kera berkeliaran, namun kera tersebut sudah jinak, jadi tak tidak akan melukai jika Kamu tidak mengganggu mereka. Meski begitu, harus tetap berhati-hati saat berlibur di pantai yang indah ini.

Tarif Masuk Pantai Pananjung Ciamis

Bagi Kamu yang sudah merencanakan liburan seru di Pantai Pananjung Ciamis, tak perlu menyiapkan banyak uang, karena biaya untuk menikmati pesona pantai luar biasa ini cukup murah.

Tarif masuk ke area pantai hanya Rp 5000 saja, ditambah dengan biaya parkir, untuk kendaraan roda 2 hanya perlu membayar Rp 5000, sementara untuk parkir kendaraan roda 4 sebesar Rp 10.000. sangat terjangkau bukan?

Hotel dan Penginapan Pantai Pananjung Ciamis

Selain tiket masuk yang cukup murah, tersedia pula banyak hotel di sekitar Pantai Pananjung Ciamis dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 150.000 per malam saja. Jadi, Kamu tak perlu bingung jika ingin menghabiskan liburan berhari-hari di Pantai Pananjung.

Beberapa hotel yang direkomendasikan untuk Kamu adalah Hotel Pantai Sri Rahayu, Bamboo House Pangkamuran, Hotel Grand Mutiara, Komodo Island Hotel, Villa Angela, Surya Pesona Beach Hotel, dan masih banyak lagi hotel yang nyaman dan aman.

Dengan harga kurang dari Rp 500.000 Kamu sudah bisa mendapat hotel yang nyaman dan letaknya tidak jauh dari Pantai Pananjung, yakni tidak sampai 1 km.

Itulah beberapa kelebihan dari Pantai Pananjung Ciamis Jawa Barat yang dapat Kamu eksplorasi. Pantai yang penuh pesona yang berada dalam satu kawasan dengan cagar alam.

Berbagai aktivitas bisa Kamu lakukan untuk membuat liburan semakin asyik. Tiketnya yang terjangkau pun membuat semua orang bisa berkunjung ke pantai ini meski kondisi kantong miris…

Yuk, siapkan perlengkapan ke pantaimu!

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *