Yuk Eksplorasi Wisata Alam Jogja

Posted on

Tempat Wisata Alam Jogja

PecintaAlam.net – Jogja merupakan kota dengan desinasi wisata yang sangat banyak. Mungkin sebagian akan berpikir Malioboro lagi … malioboro lagi. Tenang bro, kita tidak akan membahas yang begituan. Kali ini kita ulas beberapa wisata alam Jogja yang belum banyak dikunjungi. Tempat Wisata Alam Jogja ini menyuguhkan banyak atraksi dan pemandangan yang tidak biasa.

Baca juga: Tips melakukan perjalanan wisata sendirian

Berikut wisata alam Jogja yang bisa kamu nikmati dan eksplorasi:

  1. Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Jogja memiliki lokasi untuk untuk para Sandboarder tepatnya di Pantai Parangkusumo tidak jauh dari pantai Parangtritis. Wisata alam jogja yang berupa gundukan gurun pasir membentang ini merupakan tempat wisata yang dimanfaatkan para penggemar sandboarding untuk meluncur dengan berbekal papan luncur. Mereka meluncur dari gumuk pasir dari ketinggian sekitar 5-7meter.

Kamu juga dapat menyewa papan luncur dari beberapa operator disini. Beberapa turis mancanegara juga sering berkunjung ke tempat wisata ini. Jadi gak perlu ke luar negri deh kalau hanya ingin Sandboarding cukup ke Jogja saja.

  1. Panjat Tebing di Pantai Siung.

Pantai Siung merupakan tempat wisata alam Jogja yang menjadi surga bagi para pemanjat tebing karena banyaknya jalur panjat yang tersedia di lokasi wisata ini. Ada sekitar 250 jalur panjat tebing yang terbagi dalam berbagai tingkatan, mulai jalur untuk pemula hingga advance. Salah satu jalur favorit pemanjat adalah jalur Kuda Laut yang berhadapan langsung dengan laut lepas. Memanjat tebing-tebing karang ditemani debur ombak akan makin menantang nyali dan adrenalin. Berani mencoba?

Jika weekend tiba Pantai Siung yang terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Gunungkidul ini penuh para pemanjat dari berbagai daerah yang ingin menjajal menaklukkan tebingnya. Hingga kini, Pantai Siung kerap digunakan sebagai tempat gathering para pemanjat dan lokasi kompetisi panjat tebing baik tingkat lokal hingga nasional. Baca pula: Wisata ke Karimunjawa

  1. Paralayang di Bukit Parang Endog.

Bukit Parangendog merupakan lokasi lepas landas paralayang. Atraksi paralayang ini akan finish di Pantai Parangtritis. Jika kamu berminat untuk mencoba terbang dengan paralayang, kamu bisa datang dan terbang bersama operator secara tandem. Rasakan lonjakan adrenalinmu karena tiupan angin pantai yang kencang.

Bukit Parangendog adalah bukit kecil yang berada di atas Pantai Parangtritis. Dari Bukit Parangendog yang merupakan tempat wisata alam Jogja, kamu dapat menikmati indahnya pesisir pantai selatan, hutan dan perbukitan, serta hamparan persawahan dari atas ketinggian. Bukit Parangendog juga menjadi salah satu lokasi menikmati pemandangan matahari tenggelam di kala senja tiba.

  1. Trekking di Waduk Sermo di Kalibiru – Kulon Progo.

Kalibiru dan Waduk Sermo terletak di Kawasan Desa Wisata Hargowilis Kulon Progo-Jogja. Kalibiru menjadi lokasi ekowisata menarik yang terpelihara dengan baik. Di tempat ini, kamu dapat menikmati trekking dengan latar pepohonan hijau. Bukan hanya hutannya yang eksotik, Kalibiru juga menyuguhkan pemandangan lain yang luar biasa cantik. Terdapat tempat kecil terbuat dari kayu yang terletak di atas pohon pinus. Dengan menaiki tangga bambu, kamu dapat Waduk Sermo di Kalibirumelihat sebuah Danau. Danau tersebut adalah Waduk Sermo yang tampak jelas di kejauhan. Di tempat wisata alam Jogja ini dikelilingi oleh bukit-bukit dengan hijaunya pepohonan. Samar-samar beberapa perkampungan terlihat di atas bukit yang mengitari. Kamu juga bisa menikmati tenggelamnya matahari yang sangat istimewa.

  1. Menikmati Ray of Light di Goa Jomblang.

Gua Jomblang kini makin banyak dikenal pecinta petualangan. Tempat wisata ala mini merupakan gua vertikal dengan hutan purba yang rapat di dasarnya. Spot wisata alam jogja ini tumbuh hutan purba yang hijau merimbun. Jelas lanskap ini begitu kontras dengan kondisi lanskap permukaan yang kering dan panas khas perbukitan karst. Aneka lumut, paku-pakuan, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Sejak proses runtuhnya tanah ke bawah, vegetasi ini terus hidup dan berkembang biak hingga saat ini, sehingga suasana di Luweng Jomblang pun begitu sejuk dan teduh.

Goa Jomblang ini sesungguhnya sepaket dengan Goa Grubug. Di Goa Grubug itulah “cahaya surgawi” (Ray of Light) turun dari lubang goa yang tertutup pepohonan yang menimpa batu kordin putih dari tetesan air di langit-langit goa selama ribuan tahun. Cahaya surgawi dapat dinikmati sempurna saat matahari bersinar cerah antara pukul 10.00-13.00 WIB. Simak juga: Wisata ke Situ Lembang Bandung

Itu baru beberapa Destinasi wisata alam Jogja yang sangat keren dan unik. Jogja masih memiliki spot wisata alam lain yang menarik untuk dinikmati. Saatnya kamu mencobanya…

Incoming search terms: