Gunung di Indonesia Dengan Ketinggian Diatas 3000 mdpl

Pecintaalam.net – Hiking adalah kegiatan berjalan kaki di alam liar, salah satunya di gunung. Biasanya orang akan menyebut hiking sama dengan mendaki gunung, tetapi istilah ini juga bisa digunakan saat berjalan di sekitar danau, air terjun, atau alam liar lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gunung adalah sebuah bukit yang sangat besar dan tinggi, yang tingginya melebihi 600 meter. Secara umum, gunung dapat diartikan sebagai bagian dari permukaan bumi yang lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah sekitarnya.

Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian sekitar 8.850 mdpl. Indonesia yang merupakan negara kepulauan pun memiliki banyak sekali gunung, beberapa diantaranya adalah gunung berapi yang masih aktif. Lalu, gunung apa saja yang merupakan gunung di Indonesia dengan ketinggian di atas 3000 mdpl? Simak di bawah ini :

Berikut Daftar Gunung di Indonesia Dengan Ketinggian Diatas 3000 mdpl

1. Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah gunung berapi dengan puncak kerucut yang terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 mdpl. Terletak di lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Pemalang, Tegal, Purbalingga, Banyumas, dan Brebes.

Nah Gunung ini memiliki kawah yang masih aktif yang dikenal sebagai Kawah IV Slamet. Wilayah sekitar gunung ini memiliki beragam jenis hutan, seperti hutan montana, hutan dipterokarp atau hutan dipterokrap bukit, serta hutan gunung atau ericaceous.

2. Gunung Rantekambola

Gunung Rantekombola yang sering disebut dengan nama Bulu Rantekombola terletak di Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.455 mdpl. Ini adalah titik tertinggi di Sulawesi bersama dengan Gunung Rantemario yang juga merupakan gunung tertinggi di Nusantara.

Rekomendasi :  8 Tips Pendaki Pemula Yang Perlu Diketahui

Pendaki yang berhasil mencapai puncak gunung ini akan dapat melihat pemandangan yang sangat indah dengan nuansa negeri di atas awan.

3. Gunung Rantemario

Gunung tertinggi nomor delapan adalah gunung Rantemario. Rantemareo adalah gunung di Sulawesi Selatan, terletak di Pegunungan Latimojong di barat Sulawesi bagian selatan kawasan Tana Toraja.

Gunung ini memiliki puncak yang datar, sehingga dinamakan Rante Mario yang berarti tenang dan datar. Terletak tidak jauh dari jalan Makasar yang menjadi jalur ramai untuk pendaki, namun jalur pendakian menuju puncak cukup ekstrem.

4. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar adalah gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di wilayah yang sama dengan Gunung Rinjani.

Nah Gunung Sanggar ini memiliki ketinggian 3.492 mdpl dan termasuk gunung tertinggi di Nusantara. Meskipun tidak sepopuler Gunung Rinjani, Gunung Sanggar juga memiliki keindahan yang tidak kalah cantik.

5. Gunung Semeru

Selanjutnya, gunung tertinggi di Indonesia adalah gunung Semeru. Gunung Semeru adalah gunung berapi tertinggi di Indonesia yang terletak di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl dan berada di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur.

Wilayah sekitar gunung Semeru memiliki kawah bernama Jonggring Saloko dan memiliki gas beracun di puncaknya. Gunung Semeru memiliki empat jenis hutan yang indah, yaitu dipterokarp bukit, dipterokarp atas, montana, dan ericaceoous atau hutan gunung.

Gunung Semeru memiliki iklim B atau schmindt serta ferguson dengan curah hujan 927 mm hingga 5.498 per tahun. Oleh karena itu, sebelum mendaki gunung ini pendaki harus mempersiapkan perlengkapan tertentu seperti domestik dan alat pendakian.

6. Gunung Rinjani

Rinjani adalah gunung berapi terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung ini memiliki topografi unik dengan kaldera seluas 3.500 x 4.800 m yang memiliki segara anak di tengahnya dengan luas 11.000.000 m persegi dan kedalaman 230 m.

Rekomendasi :  Pendaki Yang Terkenal Dari Sirkuit Seven Summits Saat Ini

Selain termasuk gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Rinjani juga merupakan gunung vulkanik ke-2 tertinggi yang memiliki kecantikan yang luar biasa.

7. Gunung Kerinci

Kerinci terletak di perbatasan Provinsi Sumatra Barat dan Jambi dan masuk dalam pengunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung ini menjadi pembatas etnis Minagkabau di hutan Taman Nasional Kerinci yang menjadi habitat Harimau Sumatra dan Badak Sumatra.

Jalur pendakian dimulai dari pintu Rimba di batas ladang dan hutan heterogen. Untuk sampai ke puncak gunung, pendaki harus melewati pos akhir yaitu Tugu Yudha. Jalur pendakian ini memiliki kondisi yang beragam, seperti medan landai hingga bekas aliran air yang sulit dilewati saat hujan.

8. Puncak Trikora

Selain Puncak Jaya Wijaya atau Gunung Carstensz dan Puncak Mandala, terdapat satu lagi puncak tertinggi di pegunungan Jaya Wijaya, Papua, yang termasuk gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Trikora.

Puncak Trikora terletak di ketinggian 4.750 mdpl dan diakui oleh beberapa pendaki memiliki jalur pendakian yang lebih ekstrem dibanding Carstensz.

Untuk sampai ke puncak ini, pendaki harus melewati jalur pendakian yang berada di kawasan Taman Nasional Lorents yang termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO atau melalui jalur Wamena.

9. Puncak Mandala

Gunung tertinggi kedua di Indonesia adalah Puncak Mandala. Puncak Mandala adalah gunung tertinggi Indonesia di bawah puncak Jaya Wijaya yang terletak di salah satu pegunungan Provinsi Papua dengan tinggi 4.760 mdpl.

Puncak Mandala masih ditutupi gletser salju karena masih berada di deretan pegunungan Jaya Wijaya, walaupun saat ini volumenya telah mulai berkurang karena fak

10. Punjak Jaya Wijaya

Jika Anda berpikir bahwa gunung tertinggi di Indonesia berada di Pulau Jawa, itu salah. Gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Jaya Wijaya atau yang sering disebut Carstensz dengan ketinggian 4.884 mdpl.

Rekomendasi :  5 Penyakit Gunung Yang Biasa Menyerang Para Pendaki

Gunung Jaya Wijaya adalah bagian dari pegunungan Sudirman di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Puncak Jaya adalah gunung yang memiliki gletser atau salju, yang tidak dimiliki gunung lain di Indonesia.

Gletser bernama Carstensz tersebut adalah gletser tropika yang saat ini menipis karena pemanasan global. Lebih hebat lagi, Gunung Jaya juga masuk dalam daftar 7 gunung tertinggi di dunia.

Puncak yang tertutup salju dan jalur pendakian yang menantang membuat Gunung Jaya Wijaya sulit untuk ditaklukkan dan dikenal sebagai gunung yang mematikan. Namun, ini tidak berarti pendaki pemula tidak bisa menaklukkan gunung ini. Anda hanya perlu persiapan ekstra untuk mendaki Gunung Jaya Wijaya.

 

Demikian ulasan mengenai Gunung di Indonesia Dengan Ketinggian Diatas 3000 mdpl, semoga bisa menjadi bahan referensi buat kalian dan buat kalian tetap perhatikan yaa segala keselamatan ketika akan melakukan sebuah pendakian. Semoga bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Gunung di Indonesia Dengan Ketinggian Diatas 3000 mdpl yang dipublish pada Januari 26, 2023 di website Pecintaalam.net

Artikel Terkait

Leave a Comment