Rekomendasi Makanan Khas Yogyakarta Buat Pecinta Kuliner

Pecintaalam.net – Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata yang ramai pengunjung. Selain memiliki sejumlah tempat menarik untuk dikunjungi, beberapa makanan khas Yogyakarta juga tidak boleh dilewatkan. Yogyakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya, termasuk kekayaan kuliner. Kota ini menyajikan berbagai macam makanan yang khas dan unik, mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern.

Beberapa contoh makanan khas Yogyakarta yang terkenal adalah gudeg, sate klathak, bakmi Jogja, dan bakpia pathuk. Selain itu, Yogyakarta juga memiliki beragam kuliner lain yang tidak kalah lezat, seperti jadah tempe, tiwul, geplak, dan krecek. Jika Anda ingin mencoba beragam makanan khas Yogyakarta, pastikan untuk mengunjungi tempat-tempat kuliner yang terkenal di kota ini.

Rekomendasi Makanan Khas Yogyakarta

Berikut makanan khas Yogyakarta yang harus dicoba oleh kalian para penggemar kuliner nusantara khususnya di daerah yogyakarta, makanan khas yogyakarta ini hanyalah sebagian dari banyaknya makanan khas yang ada di yogyakarta kok:

1. Jadah tempe

Adalah campuran antara nasi jagung yang diproses dengan kuning telur dan tempe yang diproses dengan cara bacem.

2. Tiwul beras

Adalah makanan yang terbuat dari ubi jalar kering yang rasanya manis. Sekarang, makanan ini biasanya disajikan dengan keju, coklat, susu, ointment, ikan asin, ayam panggang, dan lainnya.

3. Geplak Jogja

Adalah makanan yang terbuat dari parutan kelapa, tepung, dan gula. Bentuknya bulat dengan beragam warna dan rasa, ada rasa jahe, kacang, pandan, stroberi, durian, dan lainnya. Makanan ini biasanya dikemas menggunakan keranjang bambu.

Rekomendasi :  Sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta Yang Perlu Kalian Tahu

4. Krecek goreng

Adalah saus cabe yang terbuat dari kerupuk rambak, santan, cabe, galangal, terasi, dan lainnya. Makanan ini memiliki rasa asin, pedas, dan gurih. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi panas, ayam kampung, dan gudeg.

5. Yangko

Adalah makanan yang terbuat dari tepung beras ketan. Makanan ini berbentuk kotak, lembut, dan rasanya manis dengan lapisan tepung beras ketan. Ada varian rasa seperti kacang, coklat, pandan, keju, stroberi, dan lainnya.

6. Klathak sate

Adalah sate daging kambing muda yang dijepit menggunakan spok bicyle. Dalam proses panggang, sate ini hanya diberi garam. Makanan ini biasanya disajikan dengan sup gulai.

7. Bakmi Jogja

Adalah mie yang direbus atau digoreng yang diolah dengan rempah-rempah Jawa. Fitur khas dari makanan ini adalah mie yang diolah di atas dapur tanah dan menggunakan api yang dihasilkan dari arang. Fitur lain yang khas adalah penambahan daging ayam kampung dan telur bebek.

8. Bakpia pathuk

Adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan tepung, kemudian dipanggang. Bentuk makanan ini bulat dan datar. Makanan ini memiliki beragam rasa (isi) seperti kacang hijau, coklat, nanas, stroberi, durian, dan lainnya.

9. Gudeg

Adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang diolah dengan santan. Warna cokelat disebabkan oleh daun jati yang diolah bersama dengan bahan-bahan lainnya. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi panas, ayam kampung, santan yang tebal, krecek, tempe, dan tahu bacem.

10. Geprek ayam

Adalah ayam goreng tepung yang dihancurkan dengan saus cabe. Geprek ayam pertama kali ditemukan oleh ibu Ruminah yang berasal dari desa Papringan. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi panas, kubis, tomat, mentimun, bawang goreng, irisan tauge, dan saus tempe goreng.

Rekomendasi :  20 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

11. Gatot

Makanan ini cukup unik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat. Selain itu, rasa makanan ini juga sangat enak. Sebelum disajikan, gatot yang terbuat dari singkong akan dikupas dan dikeringkan terlebih dahulu. Gatot merupakan sisa pemrosesan tiwul yang tidak dapat diproses. Baik tiwul maupun gatot terbuat dari singkong asli dari daerah Gunungkidul yang kering.

12. Oseng Mercon

Salah satu tempat yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Oseng Mercon Bu Narti. Nama Oseng Mercon digunakan karena makanan ini memiliki tingkat kepedasan yang luar biasa, seakan meledak di mulut saat memakannya.

Oseng mercon sendiri merujuk pada hidangan yang terbuat dari tetelan daging sapi atau koyor yang dimasak dengan cara dioseng, yaitu ditumis. Tetelan daging tersebut kemudian dibumbui dengan berbagai rempah dan didominasi oleh cabai rawit, sehingga memberikan cita rasa yang sangat pedas. Selain tetelan daging, oseng mercon juga menambahkan bahan lain seperti daging ayam, jeroan, ati ampela, dan kikil.

 

Sebenarnya masih banyak Makanan Khas Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi dan nikmati di kota yogyakarta ini, karena keterbatasan dari kami maka kami rekomendasikan yang menurut rating sedang bagus dan paling sering di makan saat ini.

 

Demikian ulasan mengenai Makanan Khas Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi, yogyakarta memang istimewa dari segala sisi ya. Semoga bermanfaat

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Rekomendasi Makanan Khas Yogyakarta Buat Pecinta Kuliner yang dipublish pada Desember 28, 2022 di website Pecintaalam.net

Artikel Terkait

Leave a Comment