Pendaki Yang Terkenal Dari Sirkuit Seven Summits Saat Ini

Pecintaalam.net – Sirkuit Seven Summits, Seven Summits adalah sebutan untuk tujuh puncak gunung tertinggi di dunia yang menjadi impian setiap pendaki. Ketinggiannya mulai dari 4.884 hingga yang tertinggi 8.850 mdpl. Mari kenali lebih dekat dengan “tujuh atap dunia” ini! Ingatlah bahwa salah satu dari Seven Summit ini berada di Indonesia.

Menurut situs 7summits.com, tujuh puncak tertinggi di dunia adalah Puncak Carstenz di Pegunungan Jaya Wijaya Indonesia (4.884 mdpl), Gunung Vinson di Antartika (4.897 mdpl), Gunung Elbrus di Rusia (5.642 mdpl), Gunung Kilimanjaro di Tanzania (5.895 mdpl), Gunung Aconcagua di Argentina (6.962 mdpl), Gunung Denali di Alaska (6.194 mdpl), dan Gunung Everest di perbatasan Nepal dan Tibet (8.848 mdpl).

Seven Summits mewakili beberapa benua di dunia, yaitu Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Benua Antartika. Asia diwakili oleh dua puncak, yaitu Puncak Carstenz dan Gunung Everest yang merupakan puncak tertinggi di dunia.

Berikut Pendaki Yang Terkenal Dari Sirkuit Seven Summits

1. Sir Edmund Hillary

Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay lahir pada tahun 1919 dan sekarang dikenal sebagai salah satu pendaki gunung terkenal di dunia.

Popularitasnya didapat karena ia adalah orang pertama yang berhasil mencapai puncak gunung tertinggi di dunia, yaitu Gunung Everest. Ia adalah bagian dari ekspedisi Inggris yang datang untuk mencapai dan menaklukkan Gunung Everest. Bersama dengan Tenzing Norgay, impian ini terwujud pada tanggal 29 Mei 1953.

Setelah menaklukkan Gunung Everest, Hillary melanjutkan dengan ekspedisi lain dan mengunjungi beberapa puncak Himalaya.

2. Tenzing Norgay

Tenzing Norgay lahir pada tahun 1914, ia juga dikenal dengan nama Tenzing Sherpa. Dia adalah seorang pendaki gunung asli Nepal yang mengambil bagian dalam ekspedisi Gunung Everest tahun 1953.

Rekomendasi :  5 Penyakit Gunung Yang Biasa Menyerang Para Pendaki

Ia mendampingi Sir Edmund Hillary dan menjadi orang kedua yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest dan menjadi pendaki gunung terkenal dengan rekor tertinggi. Ia adalah orang yang bersama dengan Sir Edmund Hillary mencapai puncak Gunung Everest.

Namun dalam salah satu wawancara, ia mengungkapkan bahwa Edmund Hillary adalah orang pertama yang menginjakkan kaki di titik tertinggi di Bumi. Namun, kedua Edmund Hillary dan Tenzing selalu disebutkan dalam catatan ini sebagai hasil dari kerja tim.

3. Reinhold Messner

Reinhold Messner adalah salah satu pendaki gunung ekstrim yang lahir pada tahun 1944. Ia juga dikenal sebagai salah satu pendaki gunung paling terkenal dalam sejarah, karena memegang beberapa catatan yang sangat ekstrim.

Dia meraih rekor pertama mendaki solo ke Gunung Everest dan juga membuat catatan ekstrim saat mendaki bersama dengan mendaki Everest tanpa oksigen tambahan. Selain itu, Reinhold juga memegang rekor sebagai pendaki gunung pertama yang berhasil mendaki semua empat belas puncak dengan ketinggian di atas 8.000 meter di atas permukaan laut.

Ada banyak gunung lain yang telah berhasil masuk dalam catatan Reinhold Messner, yang tidak terhitung jumlahnya dan itu adalah sebuah daftar tanpa akhir. Menakjubkan!

4. Patrick Morrow

Patrick Morrow lahir pada 18 Oktober 1952. Dia adalah seorang fotografer Kanada dan juga seorang pendaki gunung yang berhasil mendaki semua tujuh puncak dunia.

Percobaannya pertama dilakukan pada Gunung McKinley di Amerika Utara pada tahun 1977. Setelah itu, tidak ada yang bisa menghentikan pendaki gunung ini yang luar biasa.

Dia berhasil mendaki Mt.Everest pada tahun 1982, pada tahun 1983 ia tidak hanya mendaki satu tapi dua puncak, yaitu Elbrus di Eropa dan Gunung Kilimanjaro di Afrika. Dia juga tercatat mendaki Vinson Massif pada tahun 1985 dan Puncak Jaya dari Australia pada tahun 1986.

5. Richard D. Bass (Dick)

Dick Bass adalah orang pertama yang berhasil mendaki tujuh puncak dunia. Ia lahir di Oklahoma pada tahun 1929 tetapi pindah ke Texas pada tahun 1932.

Rekomendasi :  Sejarah dan Fakta Menarik Gunung Semeru

Ia pernah bertugas sebagai tentara AS saat muda, dan pada tahun 1953, ia kembali ke Texas untuk bergabung dalam menjalankan bisnis minyak dan gas keluarganya serta operasional di peternakannya. Ia juga mendedikasikan sisa hidupnya dalam dunia petualangan.

Pada tahun 1985, ia menjadi orang pertama yang mendaki semua tujuh puncak, dan juga menjadi pendaki tertua dalam sejarah untuk mencapai rekor ini.

6. Achille Compagnoni & Lino Lacedelli

Achille Compagnoni dan Lino Lacedelli adalah dua pendaki yang namanya mungkin tidak terlalu dikenal seperti beberapa pendaki lain yang disebutkan sebelumnya, namun mereka memiliki tempat khusus dalam sejarah pendakian karena mereka adalah orang-orang yang berhasil menaklukkan puncak tertinggi kedua di dunia yaitu K-2.

Mereka juga menjadi pendaki gunung khusus yang spesialis dalam mendaki puncak K-2 yang dianggap sebagai puncak paling sulit untuk dicapai karena sangat runcing. Puncak K-2 juga dikenal dengan sebutan Savage Mountain.

Sebelum upaya yang dilakukan oleh Achille Compagnoni dan Lino Lacedelli, banyak upaya lain telah dilakukan untuk mencapai puncak K2 namun banyak dari mereka gagal atau kehilangan nyawa mereka karena kesulitan yang dihadapi.

Kedua pendaki gunung ini adalah bagian dari sebuah ekspedisi Italia dan berhasil mencapai puncak tertinggi K-2 pada tanggal 31 Juli 1954. K2 jauh lebih sulit untuk didaki daripada gunung lainnya di Bumi dan mereka adalah dua orang yang ekstrim yang memungkinkan rekor ini tercipta.

7. Junko Tabei

Junko Tabei adalah seorang pendaki gunung wanita asal Jepang yang lahir pada tahun 1939. Memiliki tempat khusus dalam daftar pendaki gunung terkenal dunia karena dia adalah wanita pertama yang berhasil mencapai puncak tertinggi di Bumi yaitu Gunung Everest pada tanggal 16 Mei 1975.

Nah dia mencatatkan namanya di puncak Gunung Everest pada tanggal 16 Mei 1975. Dia terpilih sebagai anggota dari tim perempuan yang mengambil tantangan mendaki Gunung Everest. Meskipun menghadapi banyak kesulitan selama ekspedisi, dia keluar sebagai wanita yang kuat dan berhasil menyelesaikan ekspedisi.

Rekomendasi :  Gunung di Indonesia Dengan Ketinggian Diatas 3000 mdpl

Tabei juga dikenal karena dia adalah wanita pertama yang berhasil menyelesaikan Sirkuit Seven Summits, yaitu menaklukkan tujuh puncak tertinggi di dunia.

8. Samantha Larson

Samantha Larson lahir pada tahun 1988 dan merupakan pendaki termuda di dunia yang berhasil mendaki semua tujuh puncak dunia. Pada tahun 2007 pada usia 18 tahun, ia menjadi orang termuda yang berhasil mendaki Gunung Everest.

Wanita muda ini memulai perjalanannya menaklukkan tujuh puncak dengan ayahnya pada tahun 2001 ketika mereka berdua mendaki Gunung Kilimanjaro. Saat itu dia baru berusia 12 tahun. Dengan semangat dan tekad yang luar biasa, dia telah menginspirasi banyak pendaki muda di dunia dan dianggap sebagai salah satu pendaki muda terhebat dalam sejarah.

9. Kit Deslauriers

Kit Deslauriers adalah seorang wanita pemain ski Amerika dan menjadi orang pertama yang pernah bermain ski menuruni tujuh puncak dunia. Dia memulai perjalanannya pada tahun 2004 dari Gunung McKinley di Amerika Utara.

Perjalanannya berlanjut dan pada tahun 2005 ia meluncur menuruni Gunung Elbrus, Vinson Massif, dan Aconcagua. Pada tahun 2006, ia berhasil menuruni Gunung Kilimanjaro di Afrika dan Gunung Everest. Dia mencatatkan rekor sebagai pemain ski pertama yang menuruni tujuh puncak dunia.

Demikian ulasan mengenai Pendaki Yang Terkenal Dari Sirkuit Seven Summits, semoga bisa menjadi bahan referensi buat kalian dan bisa menambah wawasan ya. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pendaki Yang Terkenal Dari Sirkuit Seven Summits Saat Ini yang dipublish pada Januari 21, 2023 di website Pecintaalam.net

Artikel Terkait

Leave a Comment