Select Page

Menggunakan Smartphone saat Liburan

PecintaAlam.net – Smartphone adalah sebuah benda yang belakangan ini tidak dapat ditinggalkan oleh manusia modern. Banyak sekali pekerjaan manusia terbantu dengan diciptakannya smartphone. Bagi kamu yang suka bepergian atau jalan-jalan tentu sangat fasih menggunakan gadget ini. Benda ini seakan menjadi teman setia aktifitasmu, kemanapun, dimanapun dan kapanpun. Tetapi tahukan kamu bagaimana memaksimal penggunaan smartphone saat traveling?

Baca pula: 10 tips melakukan perjalanan wisata sendirian

Tips memaksimalkan Smartphonemu untuk Traveling

  1. Kamu harus lebih ‘Smart’ dari smartphonemu.

Gadget pintar ini tidak akan jadi bermanfaat dan membantumu jika kamu tidak mengetahui cara menggunakannya. Ada baiknya kamu belajar menguasai fitur-fitur pendukung yang ada di dalamnya. Bukan smartphone yang menguasaimu, namun kamulah yang harus menguasainya. Apalagi saat traveling akan banyak sekali momen atau kejadian yang membutuhkan tindakan yang cepat dan tepat, misalnya menggunakan fitur foto/video atau hal yang berhubungan dengan pengiriman/pengunggahan data.

  1. Bawalah selalu perlengkapan pendukung smartphonemu.

Smartphonemu selalu membutuhkan perlengkapan lain agar dapat bekerja maksimal. Perlengkapan itu antara lain: baterai yang prima, charger, colokan tambahan, kabel data, powerbank, eksternal memori, tongsis dll. Cek ulang beberapakali agar benda-benda ini tidak tertinggal saat kamu berpetualang. Jika salah satu pendukung ini tidak kamu bawa, maka dapat dipastikan kerja smartphonemu akan tidak optimal, malah akan menghambat kesenanganmu saat jalan-jalan.

  1. Cek selalu kondisi baterai.

Baterai smartphone adalah salah satu item vital, karena biasanya konsumsi pemakaian baterai smartphone cenderung boros. Maka dari itu rajinlah mengecek kondisi bateraimu. Jika ada waktu menunggu, saat senggang, saat makan dsb, kamu dapat menggunakannya untuk mengisi bateraimu. Jangan sampai pas kamu memerlukannya, eh bateraimu dalam kondisi kritis atau bahkan kosong.

  1. Memori tambahan mungkin diperlukan.

Beberapa smartphone sudah memiliki internal memori yang cukup besar, namun tidak ada salahnya jika kamu membawa tambahan. Karena konsumsi memori smartphone lebih banyak dari pada HP pada umumnya. Jangan sampai saat kamu memerlukannya, memori smartphonemu sudah tidak dapat diajak kompromi lagi.

  1. Cek sinyal dan kondisi jaringan.

Beberapa destinasi wisata terkadang tidak didukung oleh sinyal dan jaringan yang memadai. Ada yang memang belum masuk, atau kondisinya ada namun sinyalnya lemah. Penyesuaian sinyal yang terus menerus tentu juga akan menguras baterai smartphonemu. Lebih bijaksana kalau memang di lokasi yang kamu tuju tidak terdapat sinyal yang memadai, kamu dapat mengatur jaringan seluler ini secara baik atau menonaktifkan untuk sementara waktu sehingga dapat digunakan lagi saat kamu memerlukannya.

  1. Bijaklah menggunakan aplikasi.

Smartphone tentu akan mendukung banyak sekali aplikasi untuk traveling. Cerdaslah menginstal aplikasi itu dan pintarlah menggunakannya. Siapkan aplikasi penting yang akan membantumu saat melakukan travelling. Selain aplikasi jejaring sosial atau aplikasi fotografi, kamu juga mungkin akan membutuhkan aplikasi peta, aplikasi cuaca serta beberapa aplikasi lain. Walau aplikasi itu bermanfaat untuk membantu perjalananmu, namun biasanya penggunaan aplikasi juga memakan energi baterai yang tidak sedikit dan membutuhkan jaringan internet yang memadai.

  1. Jaringan Internet.

Ketersediaan jaringan internet didaerah wisata tentu juga akan menambah optimal pemakaian smartphonemu. Kamu dapat menjelajahi gadgetmu itu untuk mencari data, berita, situs atau sekedar mengunggah dokumentasimu selama berpetualang ke sosial mediamu agar kamu tetap dapat terhubung dengan teman-teman dan komunitasmu. Ada baiknya isilah dahulu kuota internetmu atau gunakan layanan internet gratis yang ada di hotel atau lokasi publik yang lain.

  1. Maksimalkan aktifitas foto/videomu.

Agar dokumentasimu maksimal ada baiknya berlatihlah dulu menggunakan smartphonemu untuk mengambil foto dan video. Kuasai angle terbaik dan pencahayaan yang optimal, agar hasil foto/videomu dapat dinikmati sebagai kenangan. Jangan sampai hasil foto yang kamu ambil banyak yang tidak fokus atau malah kacau sehingga mengecewakan.

  1. Powerbankmu harus terisi.

Mengisi penuh powerbankmu dapat menyelamatkanmu saat baterai smartphonemu kritis. Prediksikan kapan kamu mengisi ulang powerbankmu, saat kamu tidur di hotel isilah powerbank dan smartphonemu agar esok hari dapat kamu gunakan lagi untuk menemanimu berwisata.

  1. Perhatikan cara penyimpanan.

Ini merupakan hal sepele namun sangat penting untuk dilakukan. Terutama jika kamu berkunjung ke lokasi wisata yang terdiri dari air, misal pantai, air tejun, goa, rafting, snorkeling atau saat musim hujan. Bawalah selalu kotak kedap air atau dry bag dan semacamnya untuk menyimpan perlengkapanmu. Jika kamu tidak memilikinya bungkuslah dengan plastik kedap air sehingga perlengkapanmu aman dari kemungkinan tercebur, tersiram, kejatuhan air dsb.

Itu adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan untuk memaksimalkan smartphonemu saat traveling. Dengan mempersiapkan semuanya sebaik mungkin maka kamu dapat menjalankan aktifitas petualanganmu dengan asyik dan menyenangkan membawa smartphone kesayanganmu.

Selamat berpetualang….

Read previous post:
Khumbu Icefall Everest Saat Gempa Nepal

Gempa besar di Nepal telah memicu longsoran salju (Avalanche) di Khumbu icefall Everest. Longsoran salju tersebut menerjang tanpa ampun perkemahan...

Close